Breaking News:

Penanganan Covid

Vaksinasi Mandiri, Vaksinasi Gotong Royong dan Vaksinasi Program Covid-19, Apa Bedanya ? Simak Ini

Proses vaksinasi Covid-19 yang tengah berjalan saat ini, yang semuanya ditangani oleh pemerintah disebut sebagai vaksinasi Program.

Editor: Dyan Rekohadi
Kolase- SURYAMALANG.COM/Erwin Wicaksono - M Rifky Edgar
ILUSTRASI 

SURYAMALANG.COM - Seiring berjalannya proses vaksinasi Covid-19 saat ini, muncul beberaa istilah seperti Vaksinasi Mandiri, Vaksinasi Gotong Royong dan Vaksinasi Program. Apa sih bedanya ?

Artikel ini coba mengulas perbedaan istilah, pola dan vaksin Covid-19 yang digunakan dari istilah vaksinasi yang beredar di masyarakat saat ini. 

Seperti diketahui, proses vaksinasi Covid-19 di Indonesia tengah berjalan saat ini di mana telah memasuki gelombang kedua.

Proses vaksinasi Covid-19 yang tengah berjalan saat ini, yang semuanya ditangani oleh pemerintah disebut sebagai vaksinasi Program. 

Sedangkan vaksinasi Mandiri dan Vaksinasi Gotong Royong sebenarnya merupakan pola vaksinasi yang sama, proses vaksinasi yang nantinya akan berjalan mandiri di luar program pemerintah.

VAKSIN COVID-19 - Vaksinator menunjukkan vaksin Covid-19 di Gedung Grahadi, Kamis (14/1/2021).
VAKSIN COVID-19 - Vaksinator menunjukkan vaksin Covid-19 di Gedung Grahadi, Kamis (14/1/2021). (SURYAMALANG.COM/Ahmad Zaimul Haq)

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin resmi menerbitkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 10 Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

Berdasarkan draf yang diterima Kompas.com, Permenkes ini ditetapkan mulai 24 Februari 2021.

Salah seorang pejabat Kemenkes sudah membenarkan Permenkes itu.

Sedangkan, Juru Bicara Vaksinasi Pemerintah Siti Nadia Tarmizi belum bersedia memberikan tanggapan karena Kemenkes masih membahasnya sebelum memberikan penjelasan secara resmi ke masyarakat.

Dalam Permenkes itu diatur bahwa, vaksinasi mandiri diberi nama Vaksinasi Gotong Royong.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved