Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Seminar KBK Pendidikan Bahasa Arab UM Diminati Peserta Luar Negeri

Seminar Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) diselenggarakan Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM)

UM
Seminar Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) yang diselenggarakan Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM) diminati peserta luar negeri. Kegiatan dilaksanakan akhir pekan lalu, Sabtu (27/2/2021). 

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Sylvianita Widyawati
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | MALANG - Seminar Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) yang diselenggarakan Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM) akhir pekan lalu, Sabtu (27/2/2021), diminati peserta luar negeri.

Mereka antara lain berasal dari Mesir, Maroko, Iraq dan Al-jazair.

Total pendaftar sebanyak 720 orang, dengan rincian pendaftar dalam negeri sejumlah 333, dari luar negeri ada 387 dari 28 negara.

Tema yang diangkat adalah 'Isu-isu Mutakhir Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa Arab'.

"Saya berharap ajang ini menjadi momentum untuk menambah wawasan para peserta dalam penelitian pendidikan bahasa Arab. Sehingga diharapkan akan muncul penelitian-penelitian baru yang lebih aktual," jelas Dekan Fakultas Sastra UM, Prof Utami Widiati MA PhD saat memberi sambutan.

Sedang Ketua Jurusan Sastra Arab UM, Dr Hanik Mahliatussikah MHum, dengan kegiatan ini, pihaknya ingin lebih mengenalkan program-program penting yang akan diadakan oleh Jurusan Sastra Arab di tahun 2021.

Selain itu, kegiatan ini juga mengenalkan Prodi Pendidikan Bahasa Arab UM sebagai prodi terbaik di Indonesia versi Sinta.

Seminar yang dimoderatori Laily Maziyah MPd mengundang empat narasumber, yaitu Dr Ahme Elaraby Taha dari Al-Azhar Asy-Syarief Mesir, Dr Irhamni MPd dari UM, Dr Dewi Chamidah MPd dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang serta ) Retno Purnama Irawati SS MA dari Universitas Negeri Semarang.

Karena banyak peserta dari luar negeri, maka digunakan bahasa Inggris dan Arab.

Dr Irhamni menyampaikan materi dengan judul al-Daris wa Najahihi Ka Qadhiyyah Mu’ashirah li albahs al-Ilmi fi Tadris al-Lughoh al-Arabiyyah. 

Dr Dewi Chamidah menyampaikan materi dengan judul Qadhaya Mu’asyirah fi al-Bahts al-Ilmi ‘an Ta’lim al-Lughoh al-‘Arabiyyah.

Sedang Retno Purnama Irawati dari Unnes menyampaikan materi dengan tema 'Recent research on Covid 19 in language and linguistics'.

Tanggapan peserta terhadap kegiatan seminar ini sangat positif dan berharap ada kegiatan serupa agar bisa berbagi ilmu pengetahuan.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved