Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Mahasiswa UB Bikin Biskuit Ulat Hongkong Untuk Anak Stunting

Dibimbing Dr Dedes Amertaningtyas, SPt MP, tim mahasiswa Fakuktas Peternakan Universitas Brawijaya (UB) membuat Biskot.

Contoh produk Biskot, biskuit dari ulat Hongkong untuk treatment anak stunting dari mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya. 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Dibimbing Dr Dedes Amertaningtyas, SPt MP, tim mahasiswa Fakuktas Peternakan Universitas Brawijaya (UB) membuat Biskot.

Ini merupakan biskuit protein ulat hongkong sebagai treatment stunting pada anak.

Lima mahasiswa UB itu adalah  Retno Nur Fadillah, Sularso, Yasri Rahmawati, Hendarto, dan Zuhdan Alaik. 

Berkat biskui ulat ini, mereka mendapatkan medali perak di AISEEF (Asean Innovative Science Environmental and Enterprenuer Fair) 2021. Data di World Health Organization (WHO) pada 2014  tercatat sebanyak 24,5 persen balita di dunia mengalami stunting.

Sedang Indonesia merupakan negara dengan prevalensi stunting terbesar kelima dengan prevalensi 36 persen atau 7.547 jumlah anak stunting pada tahun 2019. 

Adanya hal itu memacu membuat tim mahasiswa ini mengembangkan produk inovatif dari peternakan. Harapannya bisa membantu menyelesaikan permasalahan bidang Kesehatan.

Sularso, salah satu anggota tim menyatakan kandungan protein pada larva ulat Hongkong cukup tinggi yaitu 47,44 persen dengan kadar lemak 21,84 persen.

Serta asam amino berupa taurin sebesar 17,53 persen yang sangat dibutuhkan pada masa tumbuh kembang anak. 

Dikatakan, Taurin merupakan jenis asam amino terbanyak kedua dalam ASI. Fungsinya sebagai neurotransmitter dan berperan penting dalam proses pematangan sel otak.

"Ulat hongkong biasanya disebut dengan mealworm. Umumnya  dibudidayakan untuk dijadikan pakan unggas karena memiliki kandungan nutrisi yang tinggi," jelas Sularso.

Halaman
12
Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved