Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

Pemkot Batu akan Tambah 7 Unit Hidran untuk Antisipasi Kebakaran

Dinas Penanggulangan Kebakaran (DPK) Kota Batu berencana menambah tujuh unit hidran untuk mempercepat penanganan kebakaran.

PMK Kota Batu
Petugas dan unit Damkar Kota Batu di depan markas mereka di Jl Kartini No 14, Kota Batu. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Dinas Penanggulangan Kebakaran (DPK) Kota Batu berencana menambah tujuh unit hidran untuk mempercepat penanganan kebakaran.

Kepala DPK Kota Batu, Himpun menerangkan penambahan hidran menjadi prioritas karena berperan penting memasok air untuk memadamkan api.

Dengan penanganan penanggulangan kebakaran yang lebih cepat, maka potensi kerugian bisa ditekan. Pun, termasuk menyelamatkan korban jiwa. Bagaimanapun, upaya untuk menyelamatkan jiwa adalah hal yang sangat utama.

Hidran rencananya akan dipasang di tempat yang sulit terjangkau oleh kendaraan emadam. Tujuh unit hidran tersebut tersebar ke tiga kecamatan yang ada di Kota Batu.

"Sejauh ini hanya ada tiga titik penempatan hidran yaitu Alun-alun Batu, Desa Sidomulyo, dan Desa Pesanggrahan tepatnya di depan Hotel Orchid,” kata Himpun, Jumat (5/3/2021).

Himpun mengatakan, penempatan hidran juga berdasarkan kajian perencanaan. Misal, bila ingin ditempatkan di Kelurahan Temas, titik ideal penempatan hidran akan ditentukan setelah kajian selesai.

"Kelurahan Temas itu kan luas maka harus ada kajian agar bisa menentukan letak strategis penempatan hidran. Agar akses mobil Damkar jauh lebih cepat dan penanganan maksimal,” katanya setelah menggelar dengar pendapat dengan Komisi B DPRD Kota Batu.

Ketua Komisi B DPRD Kota Batu, Hari Danah Wahyono mengatakan kalau dewan telah mengetahi rencana penambahan hidran. Menurutnya, tujuh titik hidran yang akan dipasang itu masih kurang. 

Menurutnya, perlu ada tambahan lagi di luar rencana pemasangan tujuh titik itu. Pasalnya, wilayah Kota Batu yang luas, berbukit dan perkembangannya pesat.

Namun di sisi lain Hari juga menyadari, ketersediaan anggaran masih belum memungkinkan Dinas Pemadam Kebakaran menambah unit hidran. Oleh sebab itu, perlu ada pasokan anggaran pada Perubahan Anggaran Keaungan (PAK) mendatang.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved