Breaking News:

Berita Surabaya Hari Ini

Profile UMKM, AMAOPI Aksesori Milik Acik Yuli Triasasi Usung Kearifan Lokal

Melalui usahanya bernama AMAOPI Aksesori, Acik Yuli Triasasi menawarkan sejumlah produk aksesori etnik yang mengedepankan kearifan lokal.

zainal arif/suryamalang.com
Acik Yuli Triasasi, Instruktur Kerajinan Aksesori dan Owner AMAOPI. 

Berita Surabaya Hari Ini
Reporter: Zainal Arif
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | SURABAYA - Bagi seorang wanita, aksesori bukanlah sekedar perhiasan yang menempel di badan.

Karena selain sebagai penyempurna penampilan, aksesori mencerminkan kepribadian dan karakter penggunanya.

Hal inilah yang dirasa Acik Yuli Triasasi menjadi kesempatan untuk dapat menciptakan sebuah aksesori dengan memanfaatkan kekayaan alam Indonesia.

"Negara kita memiliki kekayaan alam yang luar biasa dan memiliki kualitas yang tinggi seperti batu alam, batik, tenun, hingga kerang sehingga harus dimanfaatkan dan menjadi kampanye produk dalam negeri," kata Acik kepada SURYA.co.id, Kamis (18/3/2021).

Melalui usahanya bernama AMAOPI Aksesori, Acik menawarkan sejumlah produk aksesori etnik yang mengedepankan kearifan lokal.

Meski begitu, Perempuan kelahiran Malang, 11 Juli 1978 ini mengaku daya beli usahanya mengalami penurunan drastis, ditambah dengan tak ada pameran offline yang terselenggara selama Pandemi Covid-19.

Menyikapi hal tersebut, Acik melakukan sejumlah upaya agar dapat survive seperti menyosialisasikan pembuatan produk dengan standard protokol kesehatan.

Berinovasi dengan membuat produk masker, strap mask, dan konektor sekaligus menyesuaikan kemampuan daya beli konsumen.

"Saya juga melakukan kombinasi alur penjualan, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk mempermudah customer menjadi reseller," terangnya.

Tak berhenti disitu, ia juga mengikuti Creative Talkshow bertajuk 'Managing Business Continuity and Finance During Pandemi' yang diadakan oleh Bank Jatim dan Harian Surya sebagai peserta agar dapat menjawab keraguannya untuk bangkit dari keterpurukan.

"Narasumber mengajarkan saya untuk tetap fokus dan pantang menyerah. Dan sekarang saya menjadi lebih siap menyambut situasi paska Pandemi," ungkapnya.

Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved