Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Beri Literasi Hukum, Dosen FH UMM Bikin Aplikasi Maduhukum

Untuk memberikan literasi mengenai hukum, tim dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuat aplikas bernama Maduhukum.

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: Zainuddin
Humas UMM
Untuk memberikan literasi mengenai hukum, tim dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuat aplikas bernama Maduhukum. 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Untuk memberikan literasi mengenai hukum, tim dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuat aplikas bernama Maduhukum. Singkatannya adalah masyarakat peduli hukum.

Timnya adalah Nur Putri Hidayah SH MH, Galih W Wicaksono SKom MCs dan programer profesional Muhammad Andi Al-rizki SKom.

"Data dalam aplikasi ini telah terjamin akurat karena berasal dari undang-undang, artikel ilmiah, serta putusan-putusan hakim."

"Aplikasi ini juga menghubungkan masyarakat kepada para pakar hukum sehingga masyarakat dapat berkonsultasi terkait permasalahan yang dialami," jelas Putri, dosen Fakultas Hukum (FH) tersebut, Minggu (21/3/2021).

Dikatakannya, aplikasi ini diciptakan sebagai sarana memperluas literasi masyarakat mengenai hukum.

Dari fitur-fitur yang ada, aplikasinya dapat memberikan pengetahuan secara cepat dan akurat.

Selain itu juga sebagai sarana advokasi berbasis digital. Untuk penggunakan aplikasi ini, maka masyarakat harus mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Selanjutnya masyarakat mengikuti atau membuat kelompok dalam aplikasi Maduhukum.

Setelah itu masyarakat bisa mengakses informasi yang telah disediakan maupun berkonsultasi kepada pakar hukum di dalam kelompok tersebut.

Menurutnya, adat istiadat di Indonesia sangat beraneka ragam.

"Sehingga pembagian masyarakat dalam kelompok-kelompok tertentu akan membuat informasi yang diberikan menjadi tepat sasaran," ujarnya.

Sampai saat ini sudah ada delapan kelompok yang terbentuk di Maduhukum. Untuk pakar yang telah bergabung sudah ada tujuh orang.

Aplikasi ini merupakan produk penelitian yang didanai oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DPPM) UMM. Masyarakat bisa mengunduh di google play store.

"Jika masyarakat mengetahui hukum dengan baik maka secara alami masyarakat akan menghindari hal-hal yang melanggar hukum," harap Putri, dosen kelahiran Banjarmasin ini.

Ia berharap aplikasi ini akan terus berkembang dan digunakan oleh masyarakat luas.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved