Breaking News:

Penanganan Covid

UPDATE Proses Vaksin Merah Putih, Menkes Budi Gunadi Sadikin : Bibit Segera Dikirim ke Biofarma

Menteri Budi Gunadi Sakidin menyebut rencananya, bulan April nanti bibit vaksin akan dikirim ke Biofarma. Sehingga bisa segera diproses lebih lanjut.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Dyan Rekohadi
Kolase - SURYAMALANG.COM/Sugiharto - Erwin Wicaksono
Menkes Budi Gunadi Sadikin, saat peninjauan vaksinasi covid-19 untuk imam masjid, muadzin dan marbot di Masjid Nasional Al Akbar, Kota Surabaya, Selasa (23/3/2021) dan ilustrasi vaksin Covid-19 

Penulis : Fatimatuz Zahroh , Editor : Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Update proses penelitian dan produksi Vaksin Covid-19 karya Anak Negeri, Vaksin Merah Putih dilaporkan Menteri Budi Gunadi Sadikin saat berkunjung ke Kota Surabaya, Selasa (23/3/2021).

Budi menyebut rencananya, bulan April nanti bibit vaksin akan dikirim ke Biofarma. Sehingga bisa segera diproses lebih lanjut.

Ia menjelaskan, bahwa vaksin yang dikembangkan oleh pemerintah Indonesia atau yang dinamakan vaksin Merah Putih hingga saat ini belum siap digunakan.

Ia menyebutkan bahwa vaksin tersebut masih memasuki tahapan uji klinis dan masih belum final.

Pemerintah bersama perguruan tinggi terus berupaya menyempurnakan uji klinis guna memastikan keamanan dan keefektifan sebelum akhirnya diproduksi massal.

Dikatakan Menkes, dari total enam institusi yang mengembangkan vaksin Merah Putih, yang paling maju progresnya adalah yang dikembangkan bersama Lembaga Biologi Molekular (LBM) Eijkman.

"Segera kita kirimkan bibit vaksinnya ke Biofarma untuk bisa dimulai diproduksi untuk dilakukan uji klinis tahap satu," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin, saat peninjauan vaksinasi covid-19 untuk imam masjid, muadzin dan marbot di Masjid Nasional Al Akbar, Kota Surabaya, Selasa (23/3/2021).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa pemerintah berharap agar vaksin Merah Putih ini sudah bisa keluar izin pemakaiannya dari BPOM di semester pertama tahun 2022 . 

Bulan ini atau bulan April, bibit vaksinnya dikebut untuk segera masuk ke Biofarma.

Halaman
123
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved