Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

Ahli Waris Korban Covid-19 akan dapat Santunan Rp 5 juta dari Pemprov Jatim

Ahli waris korban virus corona atau Covid-19 akan mendapatkan santunan Rp 5 juta per orang dari Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim).

SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Petugas memakamkan warga yang meninggal dunia akibat Covid-19 di Kota Batu. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Ahli waris korban virus corona atau Covid-19 akan mendapatkan santunan Rp 5 juta per orang dari Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim).

Jika mengacu Surat Edaran (SE) Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia Nomor 427/3.2/BS.01.02/06/2020, ahli waris mendapatkan Rp 15 juta.

Namun karena kondisi keuangan yang tidak memungkinkan, Kepala Dinas Sosial Kota Batu, Ririk Mashuri mengatakan jumlahnya turun menjadi Rp 5 juta. Keluarnya nominal Rp 5 juta itu berdasarkan di SE Gubernur Jatim Nomor 460/5026/107.4.07/2021.

Di Kota Batu ada 21 warga yang telah diusulkan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batu untuk mendapat santunan itu. Santunan dana itu telah diatur Dinsos Kota Batu. Sebanyak 21 ahli waris yang berhak mendapatkan santunan, datanya sudah masuk ke Kemensos RI.

"Maka dari itu dari Pemprov Jatim membuat kebijakan akan memberikan santunan sebanyak Rp 5 juta. Santunan itu akan diberikan kepada ahli waris yang datanya sudah masuk ke Kemensos," jelasnya, Minggu (28/3/2021).

Mekanismenya, usulannya diajukan oleh Dinas Sosial Kota Batu ke Dinsos Provinsi Jatim. Tetapi yang disusulkan itu sudah masuk di Kemensos. Ririk mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi ke desa-desa di Kota Batu agar para ahli waris mendaftar.

Persyaratan pendaftaran ini ialah, surat keterangan meninggal akibat Covid-19 dari rumah sakit atau puskesmas atau Dinkes Batu. Lalu surat keterangan ahli waris, fotocopy KK dan KTP serta fotocopy rekening tabungan.

Jumlah penerima santunan ini bisa bertambah seiring data rilis dari Dinkes Kota Batu. Ketika mendapat data tersebur Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Dinsos Kota Batu akan mendatangi ahli waris yang tertera di data.

Pengsusulan ini memiliki tenggat waktu hingga tanggal 31 Maret. Sedangkan untuk penyaluran dana Dinsos Kota Batu masih menunggu kebijakan dari provinsi. Jika tidak tercakup, maka akan dianggarkan dalam PAK 2021.

“Kalau tidak bisa lagi, akan diusahakan di pengusulan anggaran 2022," tambahnya.

Ririk mengatakan pihaknya ingin dana santunan ini segera diberikan. Namun dirinya tidak bisa berbuat banyak dan hanya bisa bisa menunggu dari pihak provinsi.

Per 27 Maret 2021, ada 122 warga yang meninggal dunia akibat Covid-19 di Kota Batu. Jumlah orang yang sembuh sebanyak 1230 orang sedangkan yang aktif tercatat sebanyak 9 orang. Secara keseluruhan, ada 1361 orang yang terkonfirmasi terjangkit Covid-19 di Kota Batu

Berita terkait Kota Batu

Penulis: Benni Indo
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved