Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Ingin PAD Naik, Pemkab Malang Akan Genjot Pungutan Pajak dan Retribusi

Pemerintah Kabupaten Malang akan semakin getol memungut pajak dan retribusi guna meningkatkan pendapatan asli daerah alias PAD tahun 2021

Penulis: Mohammad Erwin | Editor: eko darmoko
SURYAMALANG.COM/M Erwin
Rapat paripurna di DPRD Kabupaten Malang pada Selasa (30/3/2021). 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Pemerintah Kabupaten Malang akan semakin getol memungut pajak dan retribusi guna meningkatkan pendapatan asli daerah alias PAD tahun 2021.

"Pajak daerah akan jadi andalan.Tetap yang diandalkan dari sektor pajak hotel, restoran dan PBB (pajak bumi dan bangunan) itu yang kami tingkatkan," ujar Bupati Malang, Muhammad Sanusi usai menghadiri rapat paripurna di DPRD Kabupaten Malang, Selasa (30/3/2021).

Berkaca pada kendala tahun 2020, Sanusi menyadari pandemi Covid-19 jadi kendala dalam penarikan pajak. Menyikapi hal tersebut, Sanusi menyatakan telah memiliki solusi.

"Kendalanya dulu penarikan pajaknya tidak bisa intens. Makanya akan diterapkan secara online untuk penarikan pajaknya," ungkap politisi PDIP ini.

Meski pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda akan berakhir, Sanusi tak risau. Ia tetap menargetkan PAD Kabupaten Malang bisa alami surplus.

"Target PAD tahun ini naik, kalau tahun kemarin 2020 memang pencapaiannya menurun. Tapi target yang dicanangkan sudah tercapai semua,"  beber pengusaha tebu asal Gondanglegi itu.

Di sisi lain, Plt Ketua DPRD Kabupaten Malang, Sodikul Amin menerangkan target PAD pada tahun 2021 l mencapai Rp 700 miliar.

Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun 2020 yang hanya Rp 600 Miliar.

"Tahun ini seingat saya tatgetnya di atas Rp 700 Miliar. Jadi targetnya naik setelah PAK Perubahan di tahun 2020 kemarin," ujar Sodikul.

Kata Sodikul, penurunan PAD tahun 2020 disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya refocusing anggaran akibat Covid-19 yang mencapai 50 persen.

"Tahun lalu kan mencapai 50 persen. Kalau tahun ini, seingat saya berkisar 8-15 persen," tutur Sodikul.

Politisi Partai Nasdem ini meminta Pemkab Malang lebih giat memungut pajak daerah, retribusi dan sektor wisata.

"Namun harus tetap memperhatikan protokol kesehatan. Artinya, wisata kan tidak memang tidak melakukan pembatasan secara maksimal. Namun di era new normal ini, ada prokes yang harus diperhatikan," tutupnya.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved