Paskah di Malang

Bantu Pengamanan Gereja Jelang Paskah 2021, Tim SAR Dog Gelar Sterilisasi Gereja di Kota Malang

Tim SAR Dog melakukan sterilisasi di sejumlah gereja di Kota Malang, Kamis (1/4/2021).

rifky edgar/suryamalang.com
Tim SAR Dog seusai melakukan sterilisasi di Gereja Katolik Maria Diangkat ke Surga Kota Malang, Kamis (1/4/2021). 

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Rifky Edgar
Editor Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | MALANG - Tim SAR Dog melakukan sterilisasi di sejumlah gereja di Kota Malang, Kamis (1/4/2021).

Hal ini dilakukan Guna mencegah aksi teror saat Paskah 2021.

Sterilisasi tersebut digelar di Gereja Katolik Maria Diangkat ke Surga Kota Malang dan di gereja yang terletak di Tumpang, Kabupaten Malang.

Sebanyak empat ekor anjing pelacak (Combat SAR) turun di Gereja Katolik Maria Diangkat ke Surga dengan menyisir ke semua penjuru sudut gereja.

Tidak ada hasil yang didapatkan dari hasil pelacakan yang telah dilakukan hampir 30 menit itu.

Hanya saja, ada satu anjing pelacak yang sempat mengidentifikasi sesuatu di dalam gereja.

Setelah diidentifikasi, ternyata hanyalah sebuah korek kayu yang terletak di dalam gereja di dekat altar.

"Hasilnya hari ini nihil. Cuma tadi sempat mengidentifikasi pentol korek buat nyalain lilin. Di atasnya kan itu serbuk hitam. Jadi tercium anjing pelacak," ucap Gagah Soeryo Pamoekti, General Manajer SAR Dog.

Gagah mengatakan, bahwa anjing pelacak yang dibawa kali ini telah mahir dalam mengidentifikasi bahan peledak dan mayat.

Oleh karenanya, anjing tersebut sangat sensitif dan telah dibawa ke beragam misi penyelamatan, seperti misi penyelamatan dan evakuasi tanah longsor di Ponorogo beberapa bulan kemarin.

"Syukurlah penyisiran hari ini aman. Tadi kami bagi mulai dari lantai satu dan dua dengan menyisir di sayap kanan dan kiri, hingga taman. Hasilnya nihil," ucapnya.

Pria yang juga anggota DPRD Kota Malang dari Partai Nasdem itu menyampaikan, bahwa kegiatan sterilisasi di tempat ibadah ini merupakan kegiatan swadaya untuk membantu TNI/Polri dalam menjaga keamanan.

Karena dia melihat, akhir-akhir ini banyak kejadian teror terjadi di sejumlah daerah di Indonesia, seperti kejadian Bom di Makassar dan terkahir di Mabes Polri.

"Intinya secara swadaya kami ingin membantu tni TNI/Polri serta membantu gereja lain di Malang. Jadi menyumbangsihkan apa yang kami bisa. Karena SAR Dog sendiri merupakan afiliasi dari Jakarta Rescue," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pastoral Paroki Maria Diangkat ke Surga, Theresia Pujiastutik, bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh SAR Dog guna membantu proses sterilisasi menjelang Jumat Agung dan Paskah.

"Kami mewakili umat dan pastur berterimakasih atas kepedulian SAR Dog karena turut bersumbangsih menjaga keamanan," ucapnya.

Dengan adanya sterilisasi tersebut, dia berharap jemaah ikut nyaman dan tetap tenang dengan aksi teror yang belakangan ini kerap terjadi di sejumlah daerah.

"Total di kami ada 3.000 jamaat. Dengan sterilisasi ini, jamaat akan tetap tenang. Dan kami mengimbau kepada umat agar tetap tenang dan bisa menjaga diri," tandasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved