Makna di Balik Simbol-simbol Desain Istana Negara di Kaltim, Sayap Garuda Membentang 200 Meter

Nyoman Nuarta memenangkan lomba konsep Istana Negara di Kalimantan Timur (Kamltim) yang digelar Kementerian PUPR.

Editor: Zainuddin
rendering_indonesia
Rancangan Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. 

SURYAMALANG.COM - Nyoman Nuarta memenangkan lomba konsep Istana Negara di Kalimantan Timur (Kamltim) yang digelar Kementerian PUPR.

Nuarta mengatakan sosok burung Garuda yang menjadi inti dari arsitektur Istana Negara akan mengikuti pola-pola sebagaimana telah ditetapkan oleh para founding fathers Indonesia.

"Sayap Garuda akan membentang sejauh 200 meter dengan tinggi mencapai 76 meter," ujar Nyoman Nuarta dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (31/3/2021).

Bulu-bulu pada masing-masing sayap Garuda akan berjumlah 17 helai, 8 helai pada bagian ekor, 19 helai pada pangkal ekor, dan 45 helai bulu pada bagian leher.

Karena itu, Garuda pada Istana Negara akan mewujudkan tanggal 17-8-1945 atau hari saat Soekarno-Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.

"Angka 76 meter, tak lain sebagai pengingat bahwa ground breaking yang menandai dimulainya pembangunan Istana Negara dilakukan saat Indonesia menapaki usia 76 tahun," ucap dia.

Presiden akan berkantor di dalam tubuh patung Garuda.

Ditambah dengan unsur-unsur pendukung seperti sekretariat negara, sekretaris kabinet, dan kantor staf presiden.

Jadi, wujud burung Garuda, tidak berhenti sebagai sosok patung yang besar, tetapi menjadi karya arsitektural yang memadukan seni dan struktur bangunan gedung.

Sementara itu, perwakilan NuArt Consultant Bandung, Joan Arcana mengatakan, pihaknya diberi waktu satu bulan untuk membentuk tim ahli dari berbagai bidang dan penyempurnaan desain.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cerita Nyoman Nuarta Pemenang Lomba Desain Istana Negara Baru: Sayap Garuda Akan Membentang 200 Meter, Tinggi 76 Meter", Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2021/04/01/060918378/cerita-nyoman-nuarta-pemenang-lomba-desain-istana-negara-baru-sayap-garuda

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved