Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Lulus Doktor, Dosen ITN Malang Angkat Disertasi Tentang Program Keahlian Ganda Guru SMK

dosen Program Studi Teknik Informatika S1 ITN Malang baru mengantongi gelar Doktor bidang Pendidikan Kejuruhan dari Fakultas Teknik UM

Humas ITN Malang
Dr Agung Panji Sasmito SPd MPd, dosen Program Studi Teknik Informatika S1 ITN Malang 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Dr Agung Panji Sasmito SPd MPd, dosen Program Studi Teknik Informatika S1 ITN Malang baru mengantongi gelar Doktor bidang Pendidikan Kejuruhan dari Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (UM).

Ia diwisuda UM pada Maret 2021. Disertasinya mengangkat tema “Analisis Pelaksanaan Program Keahlian Ganda Menggunakan Pendekatan Evaluasi Model CIPP.”

Program ini pernah dilakukan Kemendikbud pada  2017-2019 yang lalu. Tujuannya waktu itu adalah memperbanyak guru produktif dari SDM guru yang ada.

"Pada 2017 ada kebijakan pemerintah melalui nawa cita mengenai paradikma pendidikan kejuruhan. Revitalisasi pendidikan vokasi (kejuruhan) salah satu kebijakannya melalui PKG," jelas Agung, belum lama ini.

Ia mengaku tertarik mengerjakan ini karena masih belum adanya penelitian ini di Indonesia maupun di dunia. Dikatakan, PKG memberikan peluang kepada guru SMK untuk memiliki keahlian lebih dari satu.

Misalnya, guru SMK pengajar informatika berpelung bisa mengajar di bidang yang lain. Bisa satu rumpun (jurusan) atau lintas rumpun.

“Nah, pemerintah ingin menambah satu keahlian lagi bagi guru melalui program itu (PKG),” ujarnya dosen muda ini.

Dikatakan, revitalisasi pendidikan vokasi yang dicanangkan pemerintah Indonesia mengharapkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) lebih bisa mempersiapkan individu dalam memasuki dunia kerja.

Sekaligus menyongsong ASEAN Economic Community dan APEC. Program ini sekaligus memberi peluang terpenuhinya kebutuhan guru produktif SMK yang saat ini kekurangan.

Namun sejauh ini menurut Agung belum ada evaluasi terkait PKG di Indonesia. Untuk itu, Agung memfokuskan penelitiannya dengan menganalisis dan mengevaluasi pelaksanaan PKG dengan model evaluasi CIPP.

Halaman
123
Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved