Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

Sekitar 4 Ribu Warga Kota Batu Sudah Divaksin, Kini Pemkot Batu Tunggu Kedatangan Vaksin Berikutnya

Sekitar 4 Ribu Warga Kota Batu Sudah Divaksin, Kini Pemkot Batu Tunggu Kedatangan Vaksin Berikutnya

SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko saat menjadi orang pertama yang divaksin di Kota Batu. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Pemerintah Kota Batu telah merampungkan vaksinasi virus corona sebanyak 620 vial. Dari jumlah tersebut, ada sekitar 4000 ribuan masyarakat Kota Batu yang telah menjalani vaksin. Saat ini, Pemkot Batu tengah menanti kedatangan jatah vaksin berikutnya.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Batu, dr Susana Indahwati mengatakan, Pemkot Batu masih belum tahu vaksin akan tiba kapan. Namun, usulan untuk mendapatkan vaksin telah dikirim ke Pemerintah Pusat.

Ketika vaksin telah tiba, para lansia dan guru akan menjadi prioritas yang divaksin. Pelaksanaan vaksinasi akan berlangsung di Puskesmas yang ada di Kota Batu.

“Untuk vaksinasi lansia yang mengikuti Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) di Puskesmas sekitar 440 orang,” paparnya, Minggu (4/4/2021).

Vaksinasi merupakan program prioritas pemerintah pusat untuk menghentikan pandemi Covid-19. Sejak awal 2021, per 3 April 2021 ada 3.951.869 warga telah menjalani vaksinasi tahap kedua. Sementara itu ada 8.533.422 orang menjalani vaksinasi tahap pertama.

Di Kota Batu sendiri, sejak 1 April 2020, tidak ada tambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Jumlah pasien aktif yang terkonfirmasi positif Covid-19 per 3 April 2021 sebanyak 15 orang. Tidak ada warga Batu yang terkonfirmasi positif Covid-19 menjalani isolasi.

Namun begitu, persentase kematian di Kota Batu mencapai 9 persen. Jauh lebih tinggi dari tingkat nasional yakni 2.7 persen. Per 3 April 2021, ada 124 orang meninggal dunia akibat Covid-19 di Kota Batu. Sementara jumlah yang sembuh sebanyak 1236 dari 1375 orang yang terjangkit positif Covid-19.

Di tempat terpisah, keinginan untuk mendapatkan vaksin datang dari para atlet. Ketua KONI Batu, Mahfud mengatakan ada 112 atlet dan sisanya para pelatih yang perlu mendapatkan jatah vaksin.

Mahfud mengatakan kalau KONI Batu telah menyerahkan data pada akhir Februari yang lalu namun hingga saat ini masih belum ada jadwal vaksinasi.

“Untuk atlet, kami prioritaskan terlebih dahulu karena mereka ikut dalam Pusat Latihan (Puslat) KONI Batu. Jumlahnya ada 112 atlet dari 19 Cabang Olahraga (Cabor),” imbuhnya.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved