Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Pemkab Malang Tak Sediakan Bantuan Modal Bagi Seniman

SURYAMALANG.COM, MALANG - Pemerintah Kabupaten Malang tidak menyediakan bantuan modal finasial bagi para seniman di wilayahnya.

SURYAMALANG.COM/M Erwin
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Pemerintah Kabupaten Malang tidak menyediakan bantuan modal finasial bagi para seniman di wilayahnya.

Harga properti seniman yang mahal jadi alasan Pemkab Malang tidak mengeluarkan kebijakan permodalan bagi pelaku seni.

"Misalnya 1 sanggar membutuhkan alat musik itu harganya ratusan juta. Nah sedangkan sanggar seni ini ada 50 sanggar. Maka dari itu kami tidak mungkin melakukan hibah. Ribet," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara ketika ditemui di Pendopo Panji Kepanjen pada Senin (5/4/2021).

Kata Made, pihaknya hanya bersedia memberikan bantuan yang mudah. Seperti berupa penyediaan sarana panggung bagi seniman untuk berkarya.

"Kami hanya memberikan sesuatu yang mudah semisal tempat manggung," ucap pria asal Pulau Dewata Bali ini.

Fasilitas panggung tersebut diwujudkan melalui peminjaman tempat Pendopo Peringgitan dan Pendopo Panji.

Made menjelaskan pihaknya siap memfasilitasi segala properti yang dibutuhkan oleh para seniman, termasuk makanan. Bahkan Made menerangkan jika fasilitas tersebut bisa didapat secara cuma-cuma alias gratis.

"Pendopo Kabupaten Malang silakan manfaatkan, kami punya layar LED maupun sound system. Silakan pakai, tapi tolong jaga kebersihan. Fasilitas tersebut gratis," kata pria yang juga menjabat sebagai Plt Bapenda Kabupaten Malang itu.

Meski Pemkab Malang menawarkan fasilitas panggung secara, tampaknya para seniman harus bersabar menanti realisasi janji tersebut. Pasalnya, Pemkab Malang masih belum memberikan izin serta kebijakan tentang gelaran  seni yang mengundang banyak orang.

Ketika ditanya hal tersebut, Made mengkiaskan pihaknya tunduk kepada kebijakan pemerintah pusat tentang izin keramaian saat pandemi Covid-19.

"Belum, acara yang mengundang orang banyak belum boleh," tutup Made. 

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved