Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Ini Kriteria Bakal Calon Sekda di Mata Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian Diana Kartika

Penentuan bakal calon Sekretaris Daerah Kota Malang bakal dilaksanakan pada tanggal 12 April 2021 mendatang.

rifky edgar/suryamalang.com
Ketua DPRD Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika. 

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Rifky Edgar
Editor Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | MALANG - Penentuan bakal calon Sekretaris Daerah Kota Malang bakal dilaksanakan pada tanggal 12 April 2021 mendatang.

Serangkaian tahapan kini telah dilakukan oleh tiga bakal calon Sekda Kota Malang, salah satunya uji publik yang berlangsung pada Kamis (8/4/2021).

Sebanyak 15 panelis dari unsur Forkopimda Kota Malang, LSM hingga wartawan hadir dalam kegiatan tersebut. Salah satunya Ketua DPRD Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika.

Politisi PDIP itu hadir dan sempat memberikan pertanyaan, meski dirinya kurang puas, karena pertanyaan yang dia sampaikan hanya dijawab oleh salah satu calon Sekda Kota Malang.

Ia pun menganggap, bahwa ketiga calon Sekda Kota Malang merupakan orang-orang yang berpengalaman di dalam birokrasi Pemerintah Kota Malang.

Karena mereka telah menempati sejumlah jabatan penting, baik mulai dari lurah, camat maupun Kepala Organisasi Perangkat Daerah.

"Terus terang, saya lihat dari tiga calon Sekda ini bagus-bagus, artinya orang yang betul sudah berpengalaman, sehingga siapapun yang terpilih itu yang terbaiklah," ucapnya.

Ia pun menilai, bahwa Kepala Bapenda Kota Malang Handi orangnya tegas, kemudian Kepala BKAD Kota Malang memiliki ketenangan dan berwibawa, sedangkan Disnaker-PMPTSP Kota Malang, Erik Setyo Santoso orangnya dinamis dan energik.

"Tinggal sekarang pak wali yang menentukan, mana yang cocok. Karena menunya sudah tersedia sekarang," ucapnya.

Ia juga memberikan catatan, kepada calon Sekda Kota Malang terpilih nanti agar dapat menyelesaikan urusan yang ada di internal ASN Kota Malang, di mana seorang Sekda harus dapat menjadi komunikator yang baik, bagi Wali Kota dan Wakil Wali Kota, serta jajaran yang ada di bawahnya.

"Seorang Sekda itu bisa mikul duwur mikul isor, artinya bukan hanya mikul duwur, saja tapi isor ini dalam artian ASN terbawah. Itu pun harus diperhatikan, seperti staff, kasi, kabid, itu semua harus terayomi dengan baik," ucapnya.

Setelah itu, langkah ke depan ialah seorang Sekda harus dapat menjaga wibawa Pemerintah Kota Malang, dan dapat menghargai jajaran samping seperti legislatif.

"Dengan begitu, ASN dapat nyaman bekerja, kemudian baru ke jenjang pemerintahan sebelum nanti dapat mengambil sebuah keputusan," tandasnya.

Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved