Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Parkir di Atas Jembatan Jalan Jaksa Agung Suprapto Kota Malang, Puluhan Pengemudi Mobil Ditindak

Puluhan pengemudi mobil di Kota Malang ditindak Satlantas Polresta Malang Kota karena memarkirkan mobilnya di atas jembatan Jalan Jaksa Agung Suprapto

Polresta Malang Kota
Anggota Satlantas Polresta Malang Kota saat melakukan pemasangan kertas imbauan bagi kendaraan yang parkir di atas jembatan di Jalan Jaksa Agung Suprapto Kota Malang. 

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Kukuh Kurniawan

SURYAMALANG.COM, MALANG - Puluhan pengemudi mobil di Kota Malang ditindak oleh anggota Satlantas Polresta Malang Kota.

Hal itu terjadi karena para pengemudi tersebut memarkirkan mobilnya di atas jembatan.

Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Ramadhan Nasution, mengatakan penindakan tersebut bermula dari adanya komplain masyarakat di aplikasi Jogo Malang.

"Kami mendapatkan komplain dari masyarakat, yang terganggu dengan adanya kendaraan yang diparkir di atas jembatan Jalan Jaksa Agung Suprapto. Padahal di jembatan tersebut, sudah terpasang rambu larangan dan penghalang (barrier) agar masyarakat tidak memaksakan parkir di atas jembatan. Dari laporan masyarakat itu, kami pun langsung melaksanakan penertiban," ujarnya kepada TribunJatim.com (grup SURYAMALANG.COM), Kamis (8/4/2021).

Ia menjelaskan bahwa tindakan parkir di atas jembatan Jalan Jaksa Agung Suprapto, termasuk bentuk pelanggaran lalu lintas.

"Peraturan Pemerintah (PP) No 43 Tahun 1993 Pasal 66 Ayat 2 Huruf (d) telah menyatakan secara jelas. Bahwa tindakan parkir di atas jembatan, termasuk bentuk pelanggaran lalu lintas. Jadi kami harapkan melalui kegiatan penertiban ini, masyarakat bisa mengerti aturan tersebut dan tidak melaksanakan parkir di sembarang tempat," terangnya.

Dirinya mengungkapkan dalam kegiatan tersebut, ada 10 kendaraan roda empat yang diberikan penindakan.

"Bentuk penindakannya macam-macam. Bagi kendaraan yang ada pengemudinya, kami berikan tindakan tilang. Ada juga yang kami berikan imbauan, dengan cara humanis melalui dikmas lantas. Bagi kendaraan yang diparkir di atas jembatan namun tidak ada pengemudinya, kami pasang  kertas-kertas imbauan di kendaraannya," bebernya.

Dirinya juga menerangkan ke depan, pihaknya akan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang.

Terkait melakukan penertiban kendaraan yang parkir di atas jembatan.

"Ke depan, kami akan kerjasama dengan pihak Dishub Kota Malang untuk menggunakan alat-alat yang dapat mengunci kendaraan (yang melakukan pelanggaran parkir di atas jembatan), sehingga pelanggar dapat datang ke kantor kami, untuk mengurus pelanggaran tersebut," pungkasnya.

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved