Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Bank Indonesia Ajak 3 Kepala Daerah Malang Raya Berkolaborasi Menuju Pemulihan Ekonomi

Pemulihan ekonomi termasuk tujuan pemerintah pusat untuk menggairahkan kembali sektor perekonomian di daerah dampak pandemi Covid-19.

Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah | Editor: Zainuddin
SURYAMALANG.COM/M Rifky Edgar
Foto bersama dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia cabang Malang di Hotel Ijen Suites, Jumat (9/4/2021). 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Pemulihan ekonomi termasuk tujuan pemerintah pusat untuk menggairahkan kembali sektor perekonomian di tiap daerah dampak pandemi Covid-19.

Hal itulah yang menjadi dasar Bank Indonesia cabang Malang menggelar kegiatan yang bertajuk sinergi membangun pemulihan ekonomi Malang Raya 2021 dengan menggandeng tiga kepala daerah Malang Raya, Jumat (9/4/2021)

Acara yang berlangsung di Hotel Ijen Suites tersebut, dihadiri oleh tiga kepala daerah Malang Raya dan sejumlah perangkat daerah.

Mereka saling memberikan informasi terkait dengan pertumbuhan ekonomi di wilayahnya masing-masing. 

Serta menyampaikan program ke depan yang nantinya bakal dijalankan menuju ke pemulihan ekonomi.

Kepala Kantor Perwakilan BI Malang, Azka Subhan mengatakan, dampak dari pandemi Covid-19 ini membuat pertumbuhan ekonomi di Malang Raya negatif.

Kota Malang berada di angka minus 2,2 persen, Kabupaten Malang minus 2,6 persen dan Kota Batu 6,4 persen.

"Nah melalui kegiatan ini kita harus optimis, kita harus bangkitkan lagi semangatnya agar pertumbuhan ekonominya bisa kembali positif," ucap Azka kepada SURYAMALANG.COM.

Azka mengatakan, dari hasil informasi yang disampaikan oleh ketiga kepala daerah tersebut, hal utama yang menjadi perhatian ialah berkaitan dengan vaksinasi Covid-19.

Yaitu dengan cara mempercepat vaksinasi, agar mobilitas masyarakat semakin banyak yang nanti berimbas kepada perekonomian.

"Dengan vaksin, penularan akan berkurang. Mobilitas banyak dan ekonomi jalan. Cuma masalahnya ketersediaan dan distribusinya yang harus digalakkan," ucapnya.

Azka optimis, bahwa pertumbuhan ekonomi di Malang Raya bisa tetap tumbuh. Karena Malang Raya memiliki beragam potensi yang bisa dikembangkan.

Salah satunya ialah potensi yang ada di Malang Raya, seperti Kota Batu mengandalkan industri dan wisata, Kota Malang ada ekonomi kreatif dan Kabupaten Malang memiliki potensi di sektor perekonomian dan wisata.

"Kami punya potensi dan itu yang harus dikembangkan. Berdasarkan cerita dari beberapa pengusaha, Batu tiga hari yang lalu, long weekend penuh, jalannya sampai macet, mudah-mudahan pelan tapi pasti optimisme ikut tumbuh untuk pertumbuhan ekonomi positif," ucapnya.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved