Breaking News:

Advertorial

Kota Batu Punya TPAKD, Dewanti Rumpoko: untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kota Batu, Kamis (8/4/2021) malam.

Pemkot Batu
Pengukuhan TPAKD Kota Batu yang disaksikan langsung oleh Wali Kota Batu dan beberapa stakeholder lainnya di Graha Pancasila, Balaikota Among Tani, Kamis (8/4/2021). 

Berita Batu Hari Ini
Reporter: Benni Indo
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | BATU - Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kota Batu, Kamis (8/4/2021) malam.

Dewanti juga menjadi pembina dalam tim TPAKD yang terdiri atas Pemkot Batu, regulator, akademisi, OJK, BI, perbankan dan jasa layanan keuangan.

Kolaborasi ini membentuk sebuah program kerja yang dapat mendukung pelaksanaan strategi nasional keuangan inklusif (SNKI), khususnya dalam hal percepatan akses keuangan di daerah serta pencapaian target inklusi keuangan sebesar 90 persen di akhir tahun 2024.

"Pembentukan tim ini dilatarbelakangi upaya untuk mendorong peningkatan kontribusi sektor jasa keuangan formal terhadap ekonomi produktif. Melalui pemberdayaan UMKM, pengembangan ekonomi daerah, dan penguatan sektor ekonomi prioritas,” kata Dewanti.

Pemkot Batu dapat meningkatkan ketersediaan akses yang seluas-luasnya bagi masyarakat, mendorong peningkatan peran industri jasa keuangan terhadap perekonomian daerah, serta mencari terobosan dalam membuka akses keuangan yang lebih produktif bagi masyarakat di Kota Batu.

“Dengan dibentuknya TPAKD, diharapkan dapat menjadi forum koordinasi antar instansi dan pemangku kepentingan terkait. Untuk meningkatkan percepatan akses keuangan di Kota Batu dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera,” kata dia.

Ia menambahkan, pembentukan TPAKD di Kota Batu dirasa penting untuk akselerasi akses keuangan, khususnya akses pembiayaan yang lebih mudah dan terjangkau.

Tim ini dapat mendorong penurunan tingkat kemiskinan dan mempersempit jurang ketimpangan pada masyarakat di Kota Batu.

Kepala OJK Regional 4 Jatim, Bambang Mukti Riyad menuturkan, TPAKD merupakan sinergi antara OJK dengan Pemda serta pemangku kepentingan lainnya.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved