Breaking News:

Berita Trenggalek Hari Ini

Awal Ramadan 2021, Stok Bahan Pangan di Trenggalek Terpantau Aman

Stok bahan pangan di beberapa pasar tradisional di Kabupaten Trenggalek terpantau aman pada awal Ramadan 2021.

SURYAMALANG.COM/Aflahul Abidin
Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin ketika meninjau kebutuhan pokok di beberapa pasar dan swalayan di hari pertama Ramadan, Selasa (13/4/2021). 

SURYAMALANG.COM, TRENGGALEK – Stok bahan pangan di beberapa pasar tradisional di Kabupaten Trenggalek terpantau aman pada awal Ramadan 2021.

Beberapa komoditas seperti daging ayam mengalami kenaikan dampak dari tingginya permintaan ketika awal puasa ini. Di sisi lain, ada juga beberapa komoditas yang cenderung turun karena stok melimpah, seperti cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin bersama jajaran pemkab mengecek stok dan memantau harga bahan pokok di hari pertama Ramadan, Selasa (13/4/2021).

Beberapa pasar yang didatangi, yakni Pasar Karangan, Pasar Pule, dan pertokoan serta swalayan di pusat kota.

Hasil hasil pemantauan, pria yang akrab disapa Mas Ipin itu menemukan kenaikan harga paling tinggi pada komoditas ayam potong ras. Harga ayam jenis itu naik dari Rp 32 ribu per kilogram (kg) di hari biasanya menjadi Rp 38 ribu per kg.

Selain itu, kenaikan tipis juga terjadi pada komoditas bahan pembuatan kue seperti tepung, telur, dan minyak goreng.

“Tapi tidak sampai yang naik krusial, yang sampai stok langka atau potensi inflasi tinggi. Kenaikan ini hanya karena kebutuhan yang juga tinggi menyambut bulan Ramadan,” kata Mas Ipin, usai peninjauan.

Dari hasil peninjauan itu, Mas Ipin mendapati stok untuk bahan pangan di Trenggalek cenderung aman. Ketika berkeliling pasar, pihaknya tak menemukan komoditas yang langka atau sulit ditemui.

Sulatmi, pedagang daging ayam di Pasar Karangan, mengatakan, kenaikan harga ayam potong ras terjadi sejak sepekan sebelum Ramadan, atau ketika warga memulai tradisi megengan.

“Sejak itu naik terus sampai sekarang,” kata Sulatmi.

Halaman
12
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved