Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Lantai Ruang Tamu Rumah Warga Kota Malang Mengalami Tanah Ambles, BPBD Kota Malang Berikan Bantuan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang berikan bantuan kepada salah satu rumah warga, Selasa (13/4/2021)

Humas BPBD Kota Malang
Penelaah Bahan Kajian Bencana Alam Seksi Logistik Penanggulangan Bencana Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Malang, Cornellia Selvyana Ayoe saat menunjukkan lokasi lantai ruang tamu yang mengalami ambles. 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang berikan bantuan kepada salah satu rumah warga, Selasa (13/4/2021). Bantuan itu diberikan, karena rumah warga tersebut mengalami tanah ambles di bagian lantai ruang tamu.

Penelaah Bahan Kajian Bencana Alam Seksi Logistik Penanggulangan Bencana Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Malang, Cornellia Selvyana Ayoe mengatakan, rumah warga yang mengalami tanah ambles itu milik Nur Salianto, yang beralamat di Jalan Kyai Hasyim Gg.V No. 37 RT.03/RW.03, Kecamatan Kedungkandang.

"Kejadian itu bermula saat gempa yang terjadi pada Sabtu (10/4/2021), di mana rumah tersebut mengalami  retak di sekitaran tembok dan lantai ruang tamu. Kemudian gempa susulan pada Minggu (11/04/2021) memperparah kondisinya, lantai di ruang tamu itu semakin miring. Puncaknya pada Senin (12/4/2021), lantai ruang tamu mengalami ambles sekitar pukul 18.00 WIB," ujarnya kepada SURYAMALANG.COM.

Ia menjelaskan usai mendapatkan laporan dari masyarakat, BPBD Kota Malang langsung mendatangi lokasi kejadian.

"Saat kami mendatangi lokasi kejadian pada kemarin malam, tanah yang mengalami ambles berukuran panjang 4 meter, lebar 2,5 meter, dengan kedalaman 3 meter," tambahnya.

Akibat kejadian tersebut, ruang tamu rumah tidak dapat digunakan. Selain itu beberapa meja dan kursi rumah rusak, akses keluar masuk pemilik rumah terganggu, dan septictank tidak bisa digunakan sementara waktu.

"Kami pun langsung lakukan pemasangan barricade line (garis pengaman) di lokasi kejadian oleh TRC BPBD Kota Malang. Selain itu kami mengimbau kepada warga sekitar, untuk tidak mendekat di lokasi kejadian," jelasnya.

Usai melakukan assesment, pihaknya langsung memberikan bantuan ke rumah warga yang mengalami tanah ambles tersebut.

"Jadi pada hari ini, kami berikan bantuan berupa batu bata 650 buah, pasir, dan semen enam sak untuk memperbaiki lantai ruang tamu yang mengalami ambles. Selain itu kami juga berikan lauk pauk 10 paket untuk kerja bakti warga," terangnya.

Dirinya pun berharap, bantuan tersebut dapat meringankan korban bencana tersebut.

"Diharapkan bantuan tersebut bisa berguna dan bermanfaat untuk korban bencana. Melalui bantuan itu, korban bencana bisa segera memperbaiki rumahnya," tandasnya.

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved