Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Potret Zaky Anwar, Ikut Lomba Sambil Belajar Bikin Video

Pandemi membuat berbagai lomba dilaksanakan daring atau dengan mengirimkan rekaman video.

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: Zainuddin
Humas UMM
Zaky Anwar, mahasiswa UMM meraih juara pertama di lomba Ghina’ Araby (lagu bahasa Arab) pada kompetisi Hammasah’ Arabiyah Festival (HARFEST) pada Maret 2021 lalu. 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Pandemi membuat berbagai lomba dilaksanakan daring atau dengan mengirimkan rekaman video.

Hal ini seperti dirasakan oleh Zaky Anwar yang meraih juara pertama di lomba Ghina’ Araby (lagu bahasa Arab) pada kompetisi Hammasah’ Arabiyah Festival (HARFEST).

Kompetisi ini diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA) pada Maret 2021 lalu.

Zaky menambahkan pada perlombaan ini, ia membutuhkan usaha lebih dibandingkan sebelum-sebelumnya. Termasuk harus belajar secara otodidak untuk mengambil dan mengedit video.

"Pandemi membuat sistem perlombaan berubah. Para peserta harus mengirimkan karya video kepada panitia," kata mahasiswa UMM ini, Minggu (18/4/2021).

Cowok yang suka menyanyi Bahasa Arab sejak SMA ini harus belajar sendiri bagaimana teknik kamera, pencahayaan, audio, dan edit video.

Ia sudah membayangkan harus bersaing dengan video-video yang dibuat orang lebih profesional.

Namun lelahnya terbayar. Dijelaskan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab ini, ia sangat menyukai lagu-lagu berbahasa arab karena liriknya yang mengandung pesan yang mendalam.

Dalam lomba ini, ia memilih lagu Mauju' Qolbi saat lomba.

"Lagu ini mengandung arti tersendiri bagi saya. Lagu ini memiliki pesan bahwa manusia bisa saja saling menyakiti satu sama lain."

"Maka dari itu, yang bisa kita andalkan di dunia ini hanyalah Allah SWT dan diri kita sendiri. Jadi kita harus mencintai dan menguatkan diri kita sendiri," papar cowok asal Malang ini.

Ia menyatakan, bukan sekali ini ikut lomba menyanyi lagu berbahasa Arab. Anak bungsu dari dua bersaudara ini berharap bisa membanggakan kampusnya di lain lewat lomba lainnya.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved