Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Dinkes Kota Malang Bakal Siapkan 3,000 Swab Test Antigen di Pos Penyekatan Mudik

Dinas Kesehatan Kota Malang bakal menyiapkan 3.000 swab test antigen di posko penyekatan pada saat mudik lebaran 2021 nanti.

SURYAMALANG.COM/M Rifky Edgar
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr Husnul Muarif 

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Rifky Edgar
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | MALANG - Dinas Kesehatan Kota Malang bakal menyiapkan 3.000 swab test antigen di posko penyekatan pada saat mudik lebaran 2021 nanti.

Swab test antigen tersebut nantinya akan dilakukan kepada masyarakat dari luar daerah yang datang ke Kota Malang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr Husnul Muarif, mengatakan sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur swab test antigen bakal dilakukan di posko penyekatan mudik.

Oleh karenanya, pihaknya nanti akan melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Malang dan TNI/Polri untuk tempat dilaksanakannya penyekatan dan pemeriksaan kendaraan dari luar kota.

"Stok antigen kita ada sekitar 3000 an. Sesuai SOP, nantinya swabnya langsung kita laksanakan di tempat (posko penyekatan)," ucapnya, Senin (26/4/2021).

Dr Husnul mengatakan, dari hasil swab antigen tersebut apabila ada warga yang positif akan langsung dibawa ke rumah isolasi.

Pihaknya juga telah menyiagakan puskesmas terdekat dan memerintahkan puskesmas agar tetap buka normal seperti biasanya.

"Begitu positif dia harus diisolasi ke tempat yang telah kita sediakan. Puskesmas juga sudah kita sosialasikan untuk kegiatan menjelang lebaran ini. Jadi puskesmas tetap jam kerja seperti biasa, Senin sampai sabtu," ucapnya.

Seperti di tahun 2020 lalu, Dinas Kesehatan Kota Malang juga telah melakukan rapid test di posko penyekatan mudik di Kota Malang.

Namun, ada sedikit perbedaan dibandingkan dengan pelaksanaan di tahun lalu, di mana pada saat itu dilaksanakan pada saat PSBB dimana kasus Covid-19 di Kota Malang sedang meningkat.

Selain menyiapkan rapid tes, Dinkes juga menyediakan Alat Pelindung Diri (APD) bagi pemudik pada saat itu.

Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved