Breaking News:

Nasional

Ada 10 Varian Virus Corona yang 'Bahaya' Menurut WHO, Tiga di Antaranya Sudah Masuk ke Indonesia

Ada 10 Varian Virus Corona yang 'Bahaya' Menurut WHO, Tiga di Antaranya Sudah Masuk ke Indonesia

Shutterstock
Ilustrasi varian baru Covid-19 asal India dan Afrika Selatan 

SURYAMALANG.COM - Ada 10 varian baru virus corona yang menjadi perhatian WHO, tiga di antaranya sudah masuk ke Indonesia.

Pertama adalah B.1.17, varian yang pertama kali terdeteksi di Inggris dan merupakan strain paling umum yang beredar di AS saat ini.

Kedua B.1.617, atau strain mutan rangkap tiga yang pertama kali ditemukan di India dan menjadi pemicu tsunami Covid-19 di negara itu.

Ketiga B.1.351, varian yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan.

Masuknya tiga varian virus corona tersebut berasal dari masuknya turis luar negeri dan hal itu sudah dikonfirmasi Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, hingga saat ini ada 16 kasus Covid-19 di Indonesia yang disebabkan penularan mutasi baru virus corona dari Inggris, India, dan Afrika Selatan.

Belasan kasus ini telah dilaporkan Budi kepada Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas, Senin (3/5/2021).

"Tadi juga sudah dilaporkan kepada Bapak Presiden karena sudah ada mutasi baru yang masuk, yaitu mutasi dari India."

"Ada dua insiden (penularan dari India) yang sudah kita lihat dua-duanya di Jakarta dan satu insiden dari Afrika Selatan itu ada di Bali," ujar Budi dalam siaran langsung konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden.

"Jadi, selain mutasi dari Inggris yang sekarang sudah ada 13 insiden, (kemudian) sudah ada dua mutasi dari India masuk dan satu mutasi dari Afrika Selatan," jelasnya.

Halaman
1234
Editor: Eko Darmoko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved