Penanganan Covid

UPDATE TKI Pulang ke Jatim, 57 Orang Positif Covid-19, Sudah Lebih Dari 4 Ribu Pekerja Migran Datang

Saat ini sudah ada sebanyak 4.092 pekerja migran yang sudah masuk ke Jatim dari prediksi dan catatan Dinskertrans Jatim, akan ada 14.000 migran pulang

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/ Fatimatuz Zahroh
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menyapa para pekerja migran yang telah dinyatakan negatif covid-19 dan tengah menunggu jemputan dari Pemda asalnya, di Asrama Haji, Rabu (5/5/2021). 

Penulis : Fatimatuz Zahroh , Editor : Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Pemprov Jatim mencatat sudah ada 57 orang TKI atau pekerja Migran Indonesia yang pulang ke Jatim dinyatakan positif Covid-19.

Jumlah TKI atau pekerja migran yang terpapar virus corona itu didasarkan data keseluruhan, termasuk kasus positif Covid-19 sebelum diterapkan masa karantina saat ini.  

Data itu diungkap  Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang melakukan Rakor terkait pemulangan pekerja migran yang terus berdatangan ke Jatim, Rabu (5/5/2021).

Saat ini sudah ada sebanyak 4.092 pekerja migran yang sudah masuk ke Jatim.

Menurut prediksi dan catatan Dinskertrans Jatim, akan ada 14.000 migran yang akan pulang hingga bulan Juni mendatang.

Artinya masih ada sekitar 10 ribu tenaga migran yang akan masuk ke Jatim.

Dalam Rakor yang digelar di Asrama Haji itu, Gubernur Khofifah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Jatim, Dishub Jatim dan juga dari Pemda asal tenaga migran yang nantinya diminta menjemput para tenaga migran yang sudah dinyatakan negatif covid-19.

“Sejak tanggal 28 April 2021 yang lalu, kita memang menggunakan asrama haji untuk berikan ruang bagi tamu kita yang baru pulang sebagai tenaga migran untuk dikarantina sembari menunggu hasil swab negatif covid-19,” kata Khofifah pada media, usai rakor.

Dari tanggal 28 April 2021 hingga 3 Mei 2021, sebanyak 4.092 tenaga migran yang telah menjalani karantina di Asrama Haji, dan dilakukan swab PCR.

Dari jumlah itu, diketahui yang positif covid-19 ada sebanyak 35 orang. Mereka tengah dirawat di RS Darurat Lapangan Indrapura Surabaya.

Sedangkan sebelum tanggal 28 April 2021, sebelum diberlakukan karantina di Asrama Haji, juga sudah ada tenaga migran yang pulang kampung.

Dan telah dites covid-19 dengan yang ditemukan positif sebanyak 22 orang.

Jika ditotal, sudah ditemukan sebanyak 57 tenaga migran yang pulang ke Jatim yang positif covid-19.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved