Breaking News:

Berita Lumajang Hari Ini

Polres Lumajang Tangkap Warga Pembuat dan Pengedar Mercon, 700-an Petasan Diamankan

Satreskrim Polres Lumajang menangkap warga berinisial S (36) yang kedapatan menyimpan 736 mercon di Dusun Darungan, Desa Melawang.

Polres Lumajang
S dan barang bukti bahan peledak untuk mercon atau petasan saat diamankan di Polres Lumajang. 

Berita Lumajang Hari Ini
Reporter: Tony Hermawan
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | LUMAJANG - Satreskrim Polres Lumajang menangkap warga berinisial S (36) yang kedapatan menyimpan 736 mercon di Dusun Darungan, Desa Melawang.

Paur Subbag Humas Polres Lumajang Ipda Andrias Shinta mengatakan, penangkapan itu berawal dari patroli rutin unit Reskrim Poles selama menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442.

"Dari patroli itu kami mendapatkan informasi bahwa S sehari-hari di rumahnya memproduksi mercon. Dan di sana banyak sekali bahan peledak," kata Shinta.

Dari hasil penangkapan itu, Unit Reskrim Polres Lumajang berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 kilogram bubuk mesiu, 718 mercon kecil, dan 18 mercon besar.

Saat diinterogasi, S mengaku mendapat bubuk mercon itu seseorang warga asal Probolinggo.

Dari pengakuan itu lah, polisi kini berkoordinasi dengan polisi Probolinggo untuk menangkap pelaku penyuplai S.

Sementara akibat perbuatannya, S kini harus mendekam di penjara dan disangkakan melanggar pasal 1 ayat 1 Undang-undang Darurat RI No. 12 Tahun 1951.

"Dalam undang-undang tersebut menyebutkan barang siapa tanpa hak membuat, menerima, mencoba memperoleh, menyerahkan, atau mencoba menyerahkan, menguasai, bahan peledak maka sudah jelas itu merupakan tindak pidana," pungkasnya.

Penulis: Tony Hermawan
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved