Breaking News:

Alasan Pemerintah Hentikan Distribusi & Penggunaan Vaksin AstraZeneca Batch CTMAV547

Pemerintah resmi menghentikan distribusi dan pengguanaan vaksin AstraZeneca Batch CTMAV547.

flickr.com
Vaksin AstraZeneca 

SURYAMALANG.com - Pemerintah resmi menghentikan distribusi dan pengguanaan vaksin AstraZeneca Batch CTMAV547. Batch merupakan rangkaian kumpulan produksi dalam waktu tertentu.

Dilansir SURYAMALANG.com dari situs kemenkes, batch CTMAV547 saat ini berjumlah 448,480 dosis dan merupakan bagian dari 3,852,000 dosis AstraZeneca yang Indonesia terima pada 26 April 2021.

Adapun terkait dengan laporan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) serius yang diduga berkaitan dengan AstraZeneca Batch CTMAV547, Komnas KIPI telah merekomendasikan BPOM untuk melakukan uji sterilitas dan toksisitas terhadap Kelompok tersebut.

"Ini adalah bentuk kehati-hatian pemerintah untuk memastikan keamanan vaksin ini.

Kementerian Kesehatan menghimbau masyarakat untuk tenang dan tidak termakan oleh hoax yang beredar.

Masyarakat diharapkan selalu mengakses informasi dari sumber terpercaya," kata juru bicara Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi.

"Penggunaan vaksin AstraZeneca tetap terus berjalan dikarenakan vaksinasi Covid-19 membawa manfaat lebih besar," tambah beliau.

Dalam rilis itu juga disebutkan kalau berdasarkan data Komnas KIPI, belum pernah ada kejadian orang yang meninggal dunia akibat vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved