Breaking News:

Travelling

Kaldera Ijen Purba dapat Terlihat dari Puncak Megasari, Bakal Jadi Lanscape Site Ijen Geopark

Kaldera Ijen Purba dapat Terlihat dari Puncak Megasari, Bakal Jadi Lanscape Site Ijen Geopark

Penulis: Danendra Kusuma | Editor: Eko Darmoko
SURYAMALANG.COM/Danendra
Situs Ijen Geopark Puncak Megasari 

SURYAMALANG.COM, BONDOWOSO - Sejumlah situs geologi Ijen Geopark yang ada di Bondowoso bakal dikembangkan. Salah satunya adalah Puncak Megasari.

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Bondowoso, Arif Setyo Rahardjo mengatakan Puncak Megasari bakal dikembangkan menjadi situs baru, yaitu Landscape Site.

Dari Puncak Megasari, situs Ijen Geopark lain, di antaranya Kawah Wurung dan Kawah Ijen dapat terlihat.

"Untuk Puncak Megasari, informasi awal akan menjadi satu-satunya Landscape Site yang dapat melihat keseluruhan kaldera ijen purba. Sehingga dapat dijadikan Landscape Site dari ketinggian," katanya, Sabtu (15/5/2021).

Arif menambahkan, bahwa ada pemahaman baru dalam lingkup geopark. Termasuk, tentang Landscape Site terkait kondisi wilayah geografis.

"Puncak Megasari dapat menggambarkan dan memperlihatkan bentang alam kaldera ijen," tambahnya.

Arif menyebut, ada pembenahan yang akan dilakukan di Puncak Megasari.

Dari hasil evaluasi, perlu adanya penambahan papan narasi di Puncak Megasari.

"Akan ada tambahan, seperti papan narasi. Sehingga wisatawan ataupun peneliti yang ingin tahu keseluruhan kaldera ijen dapat memaksimalkannya di Puncak Megasari," paparnya.

Pengembangan situs tercetus setelah Badan Geologi Kementerian ESDM mengunjungi wilayah Ijen Geopark di Banyuwangi dan Bondowoso beberapa waktu lalu.

Kunjungan tim Badan Geologi dari Kementerian ESDM itu meninkdaklanjuti progress Ijen Geopark menuju UNESCO Global Geopark (UGG). Sebab, tim UNESCO rencananya bakal mengunjungi situs-situs Ijen Geopark pada bulan Juli mendatang. 

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved