Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Berikan Bantuan Alat, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Serukan Petani Tingkatkan Produktivitas

Petani di Desa Kanigoro, Pagelaran, Kabupaten Malang, mendapat bantuan alat-alat pertanian dari Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Penulis: Mohammad Erwin | Editor: isy

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Erwin Wicaksono
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | MALANG - Petani di Desa Kanigoro, Pagelaran, Kabupaten Malang, mendapat bantuan alat-alat pertanian dari Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, Selasa (18/5/2021).

Kata Limpo, bantuan tersebut merupakan mandat Presiden Joko Widodo setelah beberapa waktu lalu mendengar aspirasi petani padi Desa Kanigoro.

"Kami menyerahkan (alat pertanian) seperti apa yang disampaikan Bapak Presiden setelah melihat hasil panen di Kabupaten Malang. Kabupaten Malang ini kurang lebih menggambarkan produktivitas pertanian di Indonesia. Saya harap Kabupaten lain bisa mencontoh Kabupaten Malang," kata Syahrul seusai serahkan bantuan.

Syahrul merinci bantuan yang diserahkan meliputi 4 unit, combine harvester besar 1 unit, combine harvester sedang 1 unit, power tresher multiguna 1 unit dan packing beras 1 unit serta mesin pengering (vertical dryer) padi berkapasitas 10 ton sebanyak 1 unit dan pikap Mitsubishi L300. Total biaya yang dikeluarkan untuk membeli alat-alat tersebut sebesar Rp 40,1 miliar.

Berbeda dengan alat pertanian yang lain, mobil pikap L300 tampak ditempeli stiker bertuliskan Bantuan Presiden RI.

"Terdapat truk kecil yang diminta saat wawancara dengan Bapak Presiden. Bapak Presiden sangat gembira, untuk meningkatkan produktivitas pertanian kita. Bapak Presiden memerintahkan kepada saya agar bisa memikirkan mesin-mesin pertanian yang dibuat secara nasional," tutur Yasin.

Politisi Partai Nasdem ini berpesan kepada petani agar senantiasa merawat alat pertanian agar tidak rusak.

"Jangan dipakai saja langsung disimpan, harus ada manajemen pengelolaannya," pesannya.

Syahrul mendorong pemerintah Kabupaten Malang dan petani lebih masif mengakses dana kredit usaha rakyat (KUR) untuk secara mandiri, maju dan modern mengembangkan usaha pertanian.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved