Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang Klaim Kepuasan Pelanggan Capai 88 persen

Direktur utama Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi, menghadiri Diskusi Perumda Tirta Kanjuruhan bersama LPPM Universitas Merdeka (Unmer) Malang

erwin wicaksono/suryamalang.com
Direktur utama Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi, seusai menghadiri Diskusi Perumda Tirta Kanjuruhan bersama LPPM Universitas Merdeka (Unmer) Malang, Selasa (18/5/2021). 

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Erwin Wicaksono
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | MALANG - Perumda Tirta Kanjuruhan menggandeng Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Merdeka (Unmer) Malang untuk mengkaji tingkat kepuasan pelanggan.

Hasilnya, tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan air bersih Perumda Tirta Kanjuruhan mencapai lebih dari 80 persen.

"Tahun ini 2021 kepuasan pelanggan ada di angka 88,16 persen. Angkanya ini naik daripada tahun 2020 yang hanya 83,48. Sedangkan pada 6ahun 2019,  tingkat kepuasan pelanggan cuma 81,33 persen," beber Direktur utama Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi ketika ditemui disela-sela diskusi bersama (LPPM) Universitas Merdeka (Unmer) Malang pada Selasa (18/5/2021).

Perihal validitas survey, Syamsul memastikan perolehan kepuasan pelanggan itu didapat dari kaidah ilmu pengetahuan yang valid.

Sejak tahun 2019, Perumda Tirta Kanjuruhan menggandeng berbagai universitas di Kota Malang. Salah satunya dengan Universitas Brawijaya (UB).

Selanjutnya pada tahun 2020, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) diberi mandat untuk melakukan survey kepuasan pelanggan.

Menurut Syamsul, perusahaan air yang ia pimpin sengaja berganti-ganti universitas dalam melakukan survey untuk menjaga independensi.

"Survei yang ada benar-benar sesuai dengan kinerja pelayanan (Perumda Tirta Kanjuruhan) di masyarakat," sebutnya.

Ada sejumlah indikator yang menjadi acuan dalam survey kepuasan pelanggan.

Syamsul menjelaskan indikator tersebut diantaranya meliput kualitas air, kelancaran aliran air, keramahan petugas, kemampuan petugas perbaikan, kemudahan akses pembayaran, kesesuaian tagihan dengan pemakaian air, kecepatan penyambungan baru, layanan pengaduan, dan kecepatan petugas dalam memberikan pelayanan.

Hingga kini, Perumda Tirta Kanjuruhan telah memiliki 131.989 orang pelanggan.

Ribuan pelanggan tersebut ada di 26 kecamatan wilauah

Sebagian besar dari pelanngsn merupakan informan survey kepuasan pelanggan.

"Saat kami memberikan pelayanan kebanyakan pelanggan memang sudah puas dengan pelayanan yang kami berikan," tutupnya

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved