Breaking News:

Nasional

Pengguna Vaksin Sinovac Belum Diizinkan untuk Ibadah Haji, Haruskah Jemaah Indonesia Divaksin Ulang?

Pengguna Vaksin Sinovac Belum Diizinkan untuk Ibadah Haji, Haruskah Jemaah Indonesia Divaksin Ulang?

Editor: Eko Darmoko
DW Indonesia via Kompas.com
Vaksin virus corona yang dikembangkan oleh China, Sinovac. 

SURYAMALANG.COM - Vaksin Sinovac digunakan oleh mayoritas warga negara Indonesia dalam menekan penularan virus corona atau Covid-19.

Namun, Pemerintah Arab Saudi justru belum mengizinkan jemaah haji pengguna Vaksin Sinovac untuk masuk ke Tanah Suci.

Dikutip SURYAMALANG.COM dari Tribunnews.com, Pemerintah Arab Saudi menetapkan vaksin merk tertentu bagi jemaah haji yang diperbolehkan melaksanakan ibadah di negaranya.

Vaksin Sinovac sementara belum masuk daftar yang diperbolehkan dalam syarat calon jemaah yang akan menjalani ibadah haji.

Muncul pertanyaan sederhana, bolehkah calon jemaah haji yang sebelumnya telah menerima vaksin lengkap Sinovac diberi vaksin jenis lain.

Direktur Utama PT Bio Farma (Persero), Honesti Basyir dalam sesi rapat dengar pendapat dengan komisi IX DPR RI beberapa waktu lalu, memberikan opsi kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) agar calon jemaah haji Indonesia diberikan vaksin ulang dengan Astrazeneca, meski sudah divaksinasi dengan vaksin Sinovac.

"Saat ini ada 1.389.600 dosis vaksin AstraZeneca di Bio Farma."

"Ini mungkin bisa menjadi opsi, tinggal diatur apakah jemaah yang sudah mendapat vaksinasi Sinovac mungkin bisa divaksin ulang dengan vaksin AstraZeneca," ujar Honesti, Selasa (25/5/2021).

Usul tersebut diharapkan, akan menjadi diskusi antara BPOM dan Komnas KIPI sebagai pertimbangan ahli mengenai pemberian vaksin ulang secara khusus bagi calon jamaah haji Indonesia.

Saat ini penelitian terkait vaksin ulang dengan jenis yang berbeda masih terus dikaji.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved