Breaking News:

Berita Tuban Hari Ini

Dampak Pemberangkatan Haji Tahun 2021 Dibatalkan, 1296 CJH Asal Tuban Tertunda Lagi ke Tanah Suci

Lebih dari seribu calon jemah haji (CJH) asal Bumi Wali, sebutan Tuban dipastikan gagal berangkat ke tanah Suci tahun ini.

Penulis: Mochamad Sudarsono | Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Mochamad Sudarsono
ILUSTRASI - Keberangkatan Calon Jamaah Haji Tuban di tahun 2019 

Penulis : Mochamad Sudarsono , Editor : Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, TUBAN - Batalnya pemberangkatan haji juga berdampak pada ribuan calon tamu Allah yang berasal dari Kabupaten Tuban.

Lebih dari seribu calon jemah haji (CJH) asal Bumi Wali, sebutan Tuban dipastikan gagal berangkat ke tanah Suci tahun ini.

"Benar, dengan berbagai pertimbangan kementerian agama membatalkan pemberangkatan haji. Ada 1296 CJH yang batal ke tanah Suci tahun ini," kata Kasi Pemberangkatan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kabupaten Tuban, Kamis (3/6/2021).

Umi menjelaskan, batalnya pemberangkatan haji disebabkan dunia masih dalam situasi pandemi covid-19, yang secara aspek kesehatan masih menjadi pertimbangan. Selain itu juga ada pertimbangan teknis lainnya.

Kemenag juga telah melakukan serangkaian kajian dengan kementerian terkait, yaitu Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian perhubungan, Kemenkumham dan lembaga lainnya.

Untuk selanjutnya, ia masih menunggu surat keputusan menteri agama (KMA) nomor 660 tentang pembatalan keberangkatan jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 H/2021 M.

"Insya Allah ini yang terbaik bagi CJH, karena dunia masih dalam situasi pandemi covid-19. Jadi pemberangkatan ini sudah tertunda dua tahun, sejak 2020 dan 2021," pungkasnya.

Kementerian Agama (Kemenag) telah resmi mengumumkan pembatalan pemberangkatan haji 2021.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi persnya yang disiarkan secara daring, Kamis (3/6/2021).

"Menetapkan pembatalan keberangkatan jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 Hijriah atau 2021 Masehi, bagi warga negara Indonesia yang menggunakan kuota haji Indonesia dan kuota haji lainnya," kata Yaqut.

Menag menjelasakan, hari ini pihaknya telah menerbitkan surat tentang pembatalan keberangkatan jemaah haji tahun ini.

“Saya hari ini telah menerbitkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 660 tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H/2021 M,” kata Menag

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved