Breaking News:

Berita Jember Hari Ini

1,822 CJH Jember 2021 Batal Berangkat ke Tanah Suci

Sebanyak 1.822 orang calon jemaah haji (CJH) dari Kabupaten Jember tahun 2020 kembali gagal berangkat haji.

Kompas.com
ILUSTRASI 

Berita Jember Hari Ini
Reporter: Sri Wahyunik
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | JEMBER - Sebanyak 1.822 orang calon jemaah haji (CJH) dari Kabupaten Jember tahun 2020 kembali gagal berangkat haji.

Mereka seharusnya masuk untuk keberangkatan musim haji tahun 2021. 

Seperti diketahui, CJH tahun 2020 seharusnya berangkat haji di musim haji tahun 2021.

Namun karena Pemerintah telah mengumumkan, tahun 2021, Indonesia kembali tidak bisa memberangkatkan haji, sehingga mereka kembali gagal. 

"Ya sama dengan kuota tahun 2020 lalu, ada 1.822 orang CJH dari Jember yang tidak bisa berangkat haji," ujar Kepala Seksi Haji dan Umrah Kemenag Jember Ahmad Tholabi kepada Surya, Jumat (4/6/2021).

Tholabi mengatakan, pihaknya telah  menyosialisasikan pengumuman pemerintah tentang pembatalan ibadah haji di tahun 2021 itu ke CJH melalui KUA dan KBIH. 

"Selain itu CJH juga sudah tahu. Tidak sedikit juga yang skeptis jika tahun ini bisa berangkat. Saat ada yang tanya, kami juga paparkan kondisi pandemi saat ini, termasuk protokol kesehatan di Makkah dan Madinah ketika bisa berhaji," imbuhnya. 

Menurutnya, protokol kesehatan yang ditetapkan Arab Saudi saat pelaksanaan haji sangat ketat. 

Dia mencontohkan, saat berada di Makkah, waktu ibadah di Masjidil Haram sangat dibatasi, dan harus mendaftar terlebih dahulu. 

Sedangkan waktu di Madinah juga dibatasi dari biasanya 8 - 9 hari, hanya menjadi empat hari.

"Itu pun Arbain (Salat Arbain di Madinah saat haji), juga tidak ada. Belum lagi CJH juga harus isolasi mandiri dulu, baik di Makkah maupun Madinah. Jadi Prokesnya sangat amat ketat," tegasnya. 

Sejauh ini, imbuhnya, tidak ada CJH asal Jember yang protes melalui Kemenag Jember atas tidak adanya pemberangkatan haji tahun 2021. 

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved