Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

2021, Peringkat UB Masih Bertahan di 401+ Asia

Universitas Brawijaya (UB) masih berada pada peringkat 401+ perguruan tinggi di Asia. Atau di peringkat enam di Indonesia versi THE.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Zainuddin
Humas UB
Ketua Pusat Pemeringkatan Universitas Brawijaya (UB) Adharul Muttaqin ST MT. 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Universitas Brawijaya (UB) masih berada pada peringkat 401+ perguruan tinggi di Asia. Atau di peringkat enam di Indonesia versi Times Higher Education (THE).

"Posisi UB masih belum berubah seperti tahun lalu," jelas Ketua Pemeringkatan Internasional Adharul Mutaqqin, ST MT pada wartawan, Minggu (6/6/2021).

Ia menyebutkan, pemeringkatan THE dilakukan setahun sekali. 

Menurutnya, ada lima pilar yang mempengaruhi pemeringkatan THE tersebut. Yaitu pengajaran (teaching), penelitian  (research), sitasi (citation), industry income, dan international outlook.

"Tentang industrial income merupakan jumlah dana yang diterima UB terkait dengan penelitian dan hilirisasi yang sudah dilakukan," tambah dosen Fakultas Teknik ini.

Sedang internasional outlook adalah perspektif Internasional terhadap UB bagaimana mereka memandang kualitas dan mutu UB.

Tentang kualitas dan mutu tersebut dilihat dari dosen, kolaborasi atau kerjasama internasional, publikasi, dan juga ketertarikan mahasiswa internasional untuk belajar di UB.

Maka semakin banyak jejaring yang dibuat dengan para mitra internasional akan semakin meningkatkan apresiasi mereka sehingga mereka akan tertarik untuk datang ke UB.

Ia berharap kekuatan dan kelemahan yang ditunjukkan masing-masing skor indikator ini bisa digunakan sebagai salah satu pertimbangan untuk meningkatkan program-program prioritas yang dilakukan UB.

Seperti pada pilar penelitian dan sitasi.

"Harapannya kita bisa terus lebih baik dengan mengoptimalkan sumber daya manusia UB yang besar," jelasnya.

Adapun perguruan tinggi negeri yang masuk enam besar di Indonesia adalah UI, ITB, UGM, IPB, ITS dan UB.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved