Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Data SD Swasta Tidak Muncul, Walimurid Jalur Prestasi Datang ke Posko PPDB

PPDB jalur prestasi rapor untuk jenjang SMP ada masalah dengan tidak keluarnya data SD swasta pada hari pendaftaran pada Senin (7/6/2021).

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Eko Darmoko
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Suasana di posko PPDB di Dikbud Kota Malang, Selasa (8/6/2021). 

SURYAMALANG.COM, MALANG - PPDB jalur prestasi rapor untuk jenjang SMP ada masalah dengan tidak keluarnya data SD swasta pada hari pendaftaran pada Senin (7/6/2021).

Jadwal pendaftaran jalur ini pada 7-9 Juni 2021. Nama sekolah yang muncul di sistem hanya SDN. Padahal jalur ini terbuka untuk sekolah negeri dan swasta. Terutama untuk siswa kelas 6 yang memiliki nilai rata-rata minimal 8,5.

Walimurid selain mengeluh di IG Dikbud, juga ada yang langsung datang ke posko PPDB di kantor Dikbud Kota Malang. Seperti yang dilakukan oleh Sri Darmawati. Anaknya dari SDK Santo Yusuf mendaftar jalur prestasi.

"Di rumah, saya pakai HP dan komputer untuk mendaftar. Tapi nama sekolahnya gak muncul sejak kemarin (Senin,7/6/2021)," kata Sri pada SURYAMALANG.COM, Selasa (8/6/2021).

Ketika dibantu mendaftar lewat dinas, ternyata tak lebih dari lima menit bisa mendaftar.

Sedangkan Fandi, walimurid asal Kecamatan Lowokwaru datang ke posko PPDB karena ada data yang berubah pada data anaknya. Ia menyebut tahun kelulusan anaknya di sistem tahun 2020. Padahal baru akan lulus tahun ini.

"Selain itu, nilai tiba-tiba berubah. Dari rata-rata 92 menjadi 91," kata Fandi.

Maka ia akan ricek lagi ke sekolahnya. "Tapi sudah aman karena sudah diverifikasi," kata dia.

Dodik Teguh Pribadi, Kasi Peserta Didik dan Penguatan Pendidikan Karakter Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dikbud Kota Malang membenarkan adanya data SD swasta sempat tidak ada di hari pertama PPDB prestasi nilai rapot.

Kendala ini karena ada verifikasi pada data. Maka ketika memasukkan NISN (Nomer Induk Siswa Nasional) untuk SD swasta dan MI, sistemnya lama menjawab. Sehingga tidak muncul di data.

"Yang sudah dicek baru SD Negeri. Sedang dari SD swasta sedang diverifikasi lagi. Sebenarnya sudah ngecek sejak pekan lalu. Tapi jumlahnya ribuan siswa. Jadi harus dicek satu persatu agar jangan sampai ada yang ketinggal," katanya.

Selain itu ada revisi dan tambahan jumlah siswa yang bisa mendaftar jalur prestasi. Misalkan didata sudah mendaftar 10 siswa, kemudian ada tambahan lima siswa. Maka harus ditata lagi.

Sebelum masa pendaftaran ini, sekolah telah menyetorkan data rapor siswa ke dinas yang ditengarai rata-rata nilainya minimal 8,5.

Keluhan lain di posko adalah masalah perangkat. Rata-rata jika mengakses pendaftaran lewat HP prosesnya lama. Ia tidak tahu apalah ini terkait koneksi internet atau masalah perangkat.

Maka disarankan pakai laptop atau komputer. Untuk melaporkan ke posko, mereka harus mengambil nomer antrian yang diletakkan di depan posko.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved