Wawancara Eksklusif

Wawancara Eksklusif Wagub Jatim Emil Dardak (1/2), Optimistis Ekonomi Jatim Tumbuh Positif

Pemprov Jawa Timur melalui Wagub Emil Dardak optimistis pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua ini bakal menunjukkan hasil positif.

Editor: isy
habibur rohman/suryamalang.com
Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak disambut Wakil Pemimpin Redaksi Harian Surya Triu Mulyono saat berkunjung di Kantor Harian Surya Jl Rungkut Industri III nomor 68 & 70 Surabaya, Rabu (9/6/2021). Emil Dardak (panggilan akrabnya) dalam kesempatan ini selain membahas perkembangan dan peran media terhadap beberapa kebijakan oleh pemerintah serta ekonomi, juga membahas tentang perkembangan industri yang saat ini berkembang di masyarakat terutama yang banyak diminati oleh generasi muda. 

Wawancara Eksklusif
Reporter: Yusron Naufal Putra
Editor: Irwan Sy

SURYAMALANG.COM | SURABAYA - Pertumbuhan ekonomi pada kuartal II diyakini dapat tumbuh positif di angka 7 hingga 8 persen.

Pemerintah meyakini, segala upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 ini bakal terus menunjukkan hasil.

Lalu, bagaimana dengan Jawa Timur?

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengatakan hal serupa.

Pemprov Jawa Timur optimistis pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua ini bakal menunjukkan hasil positif.

"Jadi, ada optimisme yang tinggi bahwa di kuartal II ini insya Allah bisa mencatatkan pertumbuhan positif," kata Emil saat berbincang dalam kunjungan ke Kantor Harian Surya Jalan Rungkut Industri III, Surabaya, Rabu (9/6/2021).

Optimisme itu lantaran beberapa hal.

Emil menjelaskan berbagai macam upaya yang dilakukan, termasuk bagaimana optimisme itu di tengah lonjakan kasus beberapa hari ini.

Selengkapnya simak wawancara eksklusif Pemimpin Redaksi TribunJatim Network/Wakil Pemimpin Redaksi Harian Surya Tri Mulyono bersama Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak:

SURYA: Pemerintah optimis di kuartal kedua saat pandemi, pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 7 persen. Lalu, bagaimana Jawa Timur?
Emil Dardak: Kami optimistis. Saya sering menyampaikan bahwa kuartal 1 2020 itu Indonesia belum terlalu merasakan Covid-19. Makanya, ekonomi masih tumbuh positif di atas 2 persen. Memang sudah turun, itu menunjukkan juga betapa terpengaruhnya kita pada ekonomi global. Walaupun kita negara besar, punya banyak potensi ekonomi. Tapi kita tetap kena pertumbuhan ekonomi kita kuartalnya turun.

Tapi di sisi lain, di kuartal kedua 2020 lalu, ekonomi kita sudah merasakan dampak betul. Maka perbandingannya lebih fair lah dengan sekarang untuk melihat apakah kita sudah naik apa belum. Kuartal I kita kebandingan dengan situasi belum ada Covid-19. Tapi di kuartal II sudah apple to apple.

Kami optimis ini akan positif karena pada kenyataannya kondisi ekonomi kita dibandingkan dengan awal pandemi. Ini pun sudah ditunjang juga dengan ada studi oleh Universitas Negeri Malang, kami waktu itu lebih banyak mengevaluasi bansos.

Dan, dari evaluasi bansos itu, kita menemukan bahwa tiga bulan pertama yang paling sulit. Setelah itu, ekonomi mulai pulih. Untuk masyarakat di Jawa Timur sudah terasa lebih baik. Pertumbuhan kuartal dibeberapa sektor yang terpukul di kuartal III 2020 mencapai 7,5 persen. Jadi, ada optimisme yang tinggi bahwa di kuartal II ini Insyaallah bisa mencatatkan pertumbuhan positif.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved