Breaking News:

Gubernur Jatim Terbitkan Aturan Larangan Ekspor Bibit Porang, Mentan Dukung dan Awasi Katak Porang

Pelarangan ekspor bibit porang atau katak tersebut sebagai perlindungan agar tidak ada pihak yang mengekspoitasi bibit porang

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Fatimatuz Zahroh
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat mendampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan juga Menko PMK Muhadjir Effendy panen porang di Desa Klangon Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun, Kamis (17/6/2021). 

Penulis : Fatimatuz Zahroh , Editor : Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, MADIUN - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa pihaknya telah menerbitkan SK untuk melarang ekspor katak yang menjadi bibit tanaman porang.

Hal itu disampaikan Khofifah saat mendampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan juga Menko PMK Muhadjir Effendy panen porang di Desa Klangon Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun, Kamis (17/6/2021). 

Pelarangan ekspor bibit porang atau katak tersebut sebagai perlindungan agar tidak ada pihak yang mengekspoitasi bibit porang dan agar tanaman porang bisa dimaksimalkan penanamannya di dalam negeri. 

"Kita dapat support dari Kementan KUR yang cukup besar. Kita sudah luncurkan KUR untuk petani porang. Alhamdulillah semoga menjadi pengungkit maksimalisasi produksi porang di Jatim dan membantu mendongkrak ekonomi Jatim," kata Khofifah. 

Sebagaimana pernah disampaikan Khofifah di kesempatan yang lain, bahwa KUR untuk Jatim dalam rangka penanaman porang mencapai Rp 70 trilliun.

KUR tersebut selain untuk budidaya porang juga untuk budidaya alpukat pameling yang juga asli Jawa Timur. 

"Dan saat ini Gubernur Jatim telah menerbitkan SK untuk larangan ekspor katak (bibit porang). Katak ini diburu oleh banyak negara yang iklim tropis untuk tanam porang," kata Khofifah. 

Guna mencegah agar katak porang tidak banyak dikirim ke luar negeri dan justru dibudidayakan di luar negeri, maka aturan malarang ekspor ini diterbitkan. 

Sanksi bagi mereka yang melanggar sudah tertuang dalam SK tersebut.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved