Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

DLH Kota Batu akan Buat Sungai Tematik di 19 Desa dan 5 Kelurahan

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu berencana membuat sungai tematik sebagai langkah pemulihan lingkungan sungai.

Penulis: Benni Indo | Editor: isy
benni indo/suryamalang.com
Warga Desa Sidomulyo Batu membersihkan lingkungan sungai yang rencananya akan dijadikan sebagai sungai tematik, Senin (28/6/2021). 

Berita Batu Hari Ini
Reporter: Benni Indo
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | BATU - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu berencana membuat sungai tematik yang merupakan bagian dari programkan Shining Brantas sebagai langkah pemulihan lingkungan sungai.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu, Aries Setiawan mengatakan, untuk merealisasikan hal itu, ada lima hal yang tengah fokus dikerjakan.

Kelima hal tersebut yakni Restorasi Kelembagaan yang mengeluarkan aturan.

Lalu Restorasi Ekologi melalui penanaman pohon, Restorasi Hidrologi dengan menjaga kualitas dan kuantitas air, Restorasi Morfologi menjaga garis sungai dan Restorasi Sosial Ekonomi melalui edukasi dan sosialisasi.

“Saat ini dimulai dari Restorasi Hidrologi atau dengan menjaga kualitas dan kuantitas air. Untuk merealisasikan hal itu, kami akan membuat sungai tematik di 24 desa dan kelurahan sesuai potensi dan keunggulan wilayahnya," ujarnya, Senin (28/6/2021).

Saat ini, beberapa desa telah memiliki sungai tematik seperti di Desa Giripurno dan Desa Pendem.

Di sana, ikan-ikan dilepas di sungai karena lingkungannya sehat. Ikan-ikan tersebut juga tumbuh dengan baik.

"Pada 2 Juli nanti, kami akan kembali meresmikan dua tempat untuk digunakan sungai tematik. Pertama adalah Sungai Sidomulyo di Desa Sidomulyo dan kedua di Sumber Gemulo, Desa Punten," ungkapnya.

Di Desa Sidomulyo, tempat tersebut dinilai cocok digunakan sebagai sungai tematik karena mengalir melewati Mall Bunga Sidomulyo.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved