Breaking News:

Berita Surabaya Hari Ini

Wagub Emil Dardak Yakin PPKM Darurat Tak Ganggu Pemulihan Ekonomi di Jatim

PPKM Darurat diharapkan tak akan berdampak terlalu dalam pada aspek pemulihan ekonomi di Jawa Timur.

Editor: isy
habibur rohman/suryamalang.com
Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak. 

Berita Surabaya Hari Ini
Reporter: Yusron Naufal Putra

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat diharapkan tak akan berdampak terlalu dalam pada aspek pemulihan ekonomi di Jawa Timur.

Sebab, saat ini berbagai pihak diyakini sudah jauh lebih siap dibanding pada PSBB tahun lalu. 

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak tak memungkiri, adanya pembatasan dalam situasi pandemi Covid-19, memang kerap dikaitkan dengan penurunan dari sisi ekonomi. 

"Tapi, beda dengan tahun lalu kali ini adaptasi pelaku usaha sudah jauh lebih baik. Konsumennya pun demikian, adaptasi untuk tidak stagnan disaat seperti ini," kata Emil, Jumat (2/7/2021). 

Kesiapan lain yang dimaksud adalah termasuk bagaimana kekuatan tracing dan testing serta semacamnya sudah jauh lebih baik dibanding tahun lalu. 

Kesiapan itu, kata Emil, dapat menjadi salah satu cerminan jika pada PPKM Darurat kali ini tak akan berdampak hebat pada sisi ekonomi. 

Apalagi, dia mengungkapkan, dari analisa dan simulasi yang dilakukan oleh pemerintah pusat, PPKM Darurat harus diambil lantaran kondisi Covid-19 masih mengkhawatirkan, termasuk konteks Jawa Timur. 

Jika lonjakan kasus semacam ini terus menerus dibiarkan maka tentu juga akan berdampak besar pada pemulihan ekonomi.

"Karena pelaku ekonomi akan menyesuaikan diri, untuk membatasi diri juga, jika kasusnya terus menerus meningkat," ungkap Emil. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved