Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

Pemkot Batu Verifikasi Calon Penerima Bantuan Selama Pemberlakuan PPKM Darurat

Pemkot Batu tengah mempersiapkan rencana pemberian bantuan kepada pekerja di sektor pariwisata.

Penulis: Benni Indo | Editor: isy
Pemkot Batu
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko. 

Berita Batu Hari Ini
Reporter: Benni Indo
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | BATU - Pemkot Batu tengah mempersiapkan rencana pemberian bantuan kepada pekerja di sektor pariwisata.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menyadari dampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat terhadap sektor pariwisata.

"Tentu saja ketika ini diberlakukan, pemerintah harus menyiapkan segala hal yang harus difasilitasi. Seperti bantuan kepada para pekerja di sektor pariwisata," kata, Dewanti.

Dewanti mengatakan, kebijakan PPKM Darurat cukup mendadak sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan mekanisme penyaluran bantuan.

Namun kini, Pemkot Batu tengah melakukan pendataan terhadap calon penerima bantuan.

“Ini baru akan memulai proses verifikasi pendataan penerima bantuan. Jadi masih diproses, fasilitas bantuan tidak bisa serta merta disalurkan,” papar Dewanti. 

Bantuan itu, tidak hanya ditujukan kepada para pekerja sektor pariwisata namun juga kepada masyarakat lainnya seperti pelaku UMKM, petani, kelompok masyarakat pra sejahtera.

Pandemi membawa dampak luas terhadap buruknya kondisi perekonomian masyarakat di Kota Batu yang hidup dari sektor pariwisata dan pertanian.

"Saya minta dinas terkait, seperti Dinsos, Diskumdag dan sejumlah OPD berkaitan untuk melakukan dan mempercepat verifikasi pendataan sesuai kriteria yang ditentukan. Penyaluran bisa dilakukan kalau hasil verifikasi sudah rampung agar tepat sasaran. Dikirimkan ke rekening masing-masing, jadi perlu waktu untuk merealisasikannya," terang dia.

Kepala Disparta Kota Batu, Arief As Siddiq menuturkan, pihaknya masih menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan penyaluran bantuan kepada pekerja sektor pariwisata.

Perlu proses pemutakhiran untuk memverifikasi data jumlah penerima bantuan.

"Akan memutakhirkan sesegera mungkin agar bantuan ini bisa disalurkan. Saat ini masih menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk mendukung program bantuan stimulan. Jadi intinya, kami mempersiapkan dengan baik," tandas Arief.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved