Breaking News:

Aturan Suntik Vaksin Covid-19 Pada Anak yang Aman, Protokol Dosis dan Jeda Vaksinasi Jenis Lain

Aturan suntik vaksin Covid-19 pada anak yang aman, protokol dosis dan jeda vaksinasi jenis lain wajib diketahui orangtua

Penulis: Sarah Elnyora | Editor: Eko Darmoko
Canva.com
Ilustrasi vaksin, jeda waktu suntik vaksin Covid-19 untuk anak 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Jeda waktu suntik vaksin Covid-19 untuk anak dari tahap 1 ke tahap 2 ada aturan yang harus diketahui orang tua.

Selain itu, vaksin Covid-19 untuk anak juga tidak boleh dicampur dengan penyuntikan vaksin jenis lain dalam waktu yang berdekatan. 

Kendati begitu, vaksin Covid-19 untuk anak sementara hanya diperuntukkan bagi yang berusia 12 tahun ke atas sesuai program pemerintah. 

Vaksin Covid-19 untuk anak sama seperti vaksin untuk orang dewasa dan lansia.

Hanya saja untuk anak, dosis penyuntikan vaksin Covid-19 disesuaikan.

Khusus untuk anak mendapatkan vaksin jenis Sinovac dengan 0,5 ml dalam setiap dosisnya yang dilakukan dua kali secara bertahap.

Bagi orangtua yang tertib memberikan vaksinasi kepada anak, setelah melakukan vaksin Covid-19 baiknya jangan langsung memberi vaksin dengan jenis lain, misalnya vaksin influenza.

Ilustrasi vaksin Covid-19 pada anak
Ilustrasi vaksin Covid-19 pada anak (Canva.com)

Menurut Dokter Spesialis Anak RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, dr. Kurniawan Satria Denta, M.Sc., Sp.A, baiknya dijeda jika anak telah divaksin Covid-19 sebelum mendapat vaksin jenis lain.

"Kalau dari pakar, sekarang lebih baik ditunda dulu sampai vaksinasi dosis ke dua selesai," ujar dr. Denta, Minggu (4/7/2021) seperti dilansir dari Grid.Health.id 'Aturan Vaksin Covid-19 Anak, Jangan Langsung Divaksin Lainnya Tunggu Hingga 28 Hari'.

Menurutnya, sebelum mendapat vaksin jenis lain, perlu adanya jeda waktu beberapa minggu setelah anak divaksin Covid-19.

Halaman
123
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved