Breaking News:

Gejala-gejala Covid-19 ini Masih Bisa Dirasakan Orang Meski Sudah 2 Kali Dapat Suntikan Vaksin

Sejumlah gejala penyakit masih bisa dirasakan oleh orang yang terpapar covid-19 meski sudah mendapat 2 kali suntikan vaksin covid-19. Apa saja?

Penulis: Eben Haezer Panca | Editor: eben haezer
suryamalang/kukuh kurniawan
Ilustrasi - Anggota Supeltas saat menerima vaksin Covid-19 dalam vaksinasi massal yang digelar Polresta Malang Kota 

SURYAMALANG - Pemerintah dan pakar kesehatan menyarankan agar setiap orang tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat meskipun sudah mendapat 2 kali suntikan vaksinasi covid-19.

Saran ini bukannya tanpa alasan. Penyebabnya, meski sudah 2 kali divaksin covid-19, seseorang tetap bisa saja terpapar virus covid-19.

Dikutip dari laman independent, setiap orang yang telah menerima dua kali suntik vaksin covid-19 memang berpeluang kecil untuk merasakan penyakit yang serius atau meninggal akarena virus, tetapi mereka masih bisa merasakan gejala-gejala tertentu ketika terinfeksi covid-19.

Gejala-gejala itu antara lain demam, batuk yang berulang, dan kehilangan indera penciuman.

Berdasarkan studi yang dilakukan perusahaan kesehatan Zoe bekerjasama dengan King's College London serta melibatkan data dari lebih dari 4 juta orang di dunia, mereka menemukan sejumlah perbedaan pengalaman dari orang yang terpapar covid-19 ketika belum divaksin dengan orang yang terpapar ketika sudah mendapatkan 2 kali suntikan vaksin.

Peneliti yang terlibat dalam studi itu mengatakan, mereka yang telah divaksin, umumnya merasakan gejala yang sama dengan mereka yang belum divaksin. Hanya saja, mereka yang sudah divaksin, merasakan gejala itu lebih singkat ketimbang mereka yang belum divaksin. Umumnya, mereka yang sudah divaksin juga tidak sampai mengalami gejala yang sangat serius serta lebih cepat sembuh.

Setidaknya ada 4 gejala yang paling banyak dirasakan oleh mereka yang terpapar covid-19 meski telah divaksin covid-19 sebanyak 2 kali. Empat gejala itu adalah pusing, pilek, bersin, dan radang tenggorokan.

Gejala ini sama dengan yang dirasakan oleh mereka yang masih mendapat 1 kali vaksinasi covid-19. Hanya saja, mereka yang baru mendapat 1 dosis vaksin, umumnya juga mengalami batuk.

Jadi, tidak ada alasan bagi anda untuk tidak menerapkan protokol kesehatan meski sudah menjalani 2 kali vaksinasi covid-19. (eben haezer)

Baca juga: Ciri-ciri Gejala Covid-19 Bagi yang Sudah Divaksin, Ini Bedanya dengan Orang yang Belum Divaksin

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved