Breaking News:

Penanganan Covid

Sudah Ada Temuan Oknum yang Menimbun Obat dan Tabung Oksigen, Kapolda Jatim Beri Instruksi

Kapolda Jatim sebut Sudah ada temuan pelaku yang menimbun obat dan tabung oksigen. "Akan Ada sanksinya sesuai undang-undang," kata Nico Afinta

Penulis: Mochamad Sudarsono | Editor: Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, TUBAN - Di saat kondisi yang tengah sulit seperti saat ini masih ada ditemukan orang-orang yang memanfaatkan keadaaan.

Polda Jatim mendapati adanya temuan penimbunanan obat-obatan dan tabung oksigen.

Temuan kauss penimbunan obat dan tabung oksigen itu dari operasi yang dilakukan jajaran Polres di Jatim.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta memerintahkan jajaran Polres untuk melakukan sidak di lapangan setelah muncul kelangkaan obat-obatan dan tabung oksigen saat pandemi covid-19  akhir-akhir ini.

Nico menyebut sudah ada temuan terkait sulitnya mendapat obat dan tabung oksigen.

"Sudah ada temuan, baik yang menimbun obat dan tabung oksigen. Ada sanksinya sesuai undang-undang," kata Nico saat mendampingi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Tuban, Selasa (13/7/2021).

Jenderal bintang dua itu menjelaskan, saat ini pihaknya fokus menjaga tiga hal.

Pertama ketersediaan obat maupun tabung oksigen. Kedua distribusi sampai ke bawah puskesmas, toko maupun masyarakat. Ketiga adalah menjaga stabilitas harga.

Polda Jatim telah membentuk Satgas atau tim untuk menyikapi hal tersebut.

Nico mengimbau masyarakat kalau butuh obat dan oksigen agar datang ke RSUD, Puskesmas, dan toko obat yang telah ditentukan.

Masyarakat jangan membeli untuk dirinya sendiri, terlebih mengambil keuntungan dalam situasi seperti ini.

"Masyarakat jangan membeli untuk dirinya sendiri dan mengambil keuntungan saat situasi seperti sekarang. Saya mengajak masyarakat mematuhi protokol kesehatan (Prokes) pencegahan covid-19 dengan menerapkan 5M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air bersih, menjaga jarak minimal aman, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas," pungkasnya.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved