Breaking News:

Terprovokasi Medsos Jadi Alasan Pemuda di Bantul Merusak Ambulans Pasien Covid-19

Polisi menangkap pemuda perusak ambulans di Bantul. Pelaku mengaku melakukan perusakan karena terprovokasi medsos

Editor: eben haezer
tribun jogja
Kapolres Bantul menggelar jumpa pers penangkapan pria pelaku perusakan ambulans. 

SURYAMALANG, BANTUL - Polisi telah menangkap seorang pemuda yang merusak mobil ambulans pengangkut pasien covid-19, Selasa (13/7/2021).

Pemuda berinisial IZ alias Unyil itu mengaku bahwa tindakannya itu dipicu oleh unggahan-unggahan di Medsos yang menyatakan bahwa selama ini ambulans-ambulans itu kosong dan hanya beroperasi untuk menakuti warga.

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan menyebut bahwa perusakan mobil ambulans oleh IZ terjadi saat ambulans melintas di Jl Yogyakarta-Wonosari, Piyungan, untuk mengantarkan pasien suspek covid-19.

Di lokasi kejadian, mobil ambulans milik relawan SAR DIY itu terhalang pelaku yang sedang mengendarai motor bersama temannya.

"pelaku menghalangi ambulans dengan berjalan zig zag," kata Kapolres Bantul seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (14/7/2021).

Merasa dihalangi, sopir ambulans menegur IZ. Namun teguran itu membuat IZ marah dan langsung memukul bagian belakang mobil menggunakan helmnya. Akibatnya, bagian belakang mobil penyok, kaca mobil pun pecah.

Tak terima, sopir ambulans langsung melaporkan kejadian itu ke Polres Bantul.

Baca juga: Sering ke Lokasi Rawan, Gibran Rakabuming Anak Presiden Jokowi Positif Covid-19

Setelah melakukan penyelidikan, polisi berhasil menangkap IZ sekitar pukul 19.30 WIB.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan polisi, pelaku nekat melakukan perbuatan itu karena terprovokasi dari media sosial yang menyatakan ambulans kosong dan hanya menakuti warga.

"Termakan sosmed isu ambulans kosong. Iya menyesal saya Pak," kata IZ yang bekerja sebagai sopir itu.

Saat ini, IZ sudah ditahan di Mapolres Bantul. Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 406 KUHP dengan ancaman 2 tahun 8 bulan penjara, yakni Pasal Penanggulangan Wabah. Sementara, satu orang pembonceng masih diperiksa.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kronologi Pengendara Motor Rusak Ambulans, Berawal Ditegur karena Halangi Jalan, Pelaku Ditangkap"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved