Breaking News:

Tata Cara Donor Plasma Konvalesen di Kabupaten Malang

Pemerintah Kabupaten Malang mengumumkan tata cara donor plasma konvalesen guna mempercepat penanganan Covid-19.

Editor: eben haezer
suryamalang/erwin wicaksono
Warga Kabupaten Malang antre mendapatkan vaksinasi Covid-19. 

Reporter: Erwin

SURYAMALANG.COM, MALANG - Pemerintah Kabupaten Malang mengumumkan tata cara donor plasma konvalesen guna mempercepat penanganan Covid-19.

Para penyintas Covid -19 di Kabupaten Malang kini dapat dengan mudah mendonorkan plasma konvalesen secara online di bit.ly/Kuisioner_Donor_Darah_Plasma_Konvalesen

Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto menjelaskan masyarakat dapat berkontribusi melakukan donor plasma.

Setelah mendaftar secara online, calon pendonor akan dihubungi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Malang untuk mengikuti tahapan selanjutnya

“Kami mengajak warga yang pernah positif Covid-19 atau penyintas  agar bisa berpartisipasi dalam melakukan donor plasma. Plasma darah konvalesen tersebut diberikan kepada warga yang masih sakit atau terpapar Covid-19,” ujar Didik ketika dikonfirmasi pada Selasa (20/7/2021).

Didik menyadari jumlah plasma konvalesen di Kabupaten Malang sangat terbatas. Alhasil, ia berharap seruan donor plasma konvalesen kepada masyarakat berjalan efektif.

Didik menyakni plasma konvalesen dapat mempercepat penyembuhan pasien Covid-19.

“Secara teori mereka terinfeksi maka dalam  tubuhnya akan membentuk antibodi. Alhasil dapat mengatasi infeksi karena sudah ada antibodi,” beber Didik memberikan analisanya.

Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi bagi pendonor plasma konvalesen.

Didik menuturkan pendonor merupakan penyintas yang sudah dinyatakan negatif Covid-19 melalui tes swab atau PCR.

Pendonor diutamakan berjenis kelamin laki-laki. Jika peremuan, yang diperbolehkan hanya yang belum pernah hamil.

Terakhir, Didik mengaku membutuhkan partisipasi masyarakat dalam upaya menekan angka kematian akibat Covid-19. Pasalnya plasma konvalesen memicu antibodi yang dapat meminimalisir kematian akibat corona.

“Pendonor akan diperiksa kesehatannya terlebih dahulu tim medis. Sehingga dapat diperoleh plasma darah yang berkualitas agar efektif menyembuhkan warga lainnya yang terpapar Covid-19,” tutur pria yang mengawali karir politik sebagai Kepala Desa Tunjungtirto itu.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved