Breaking News:

Kapasitas RS di Trenggalek Penuh, Dinkes Siapkan Dua Tempat Perawatan Baru Berkapasitas 75 Bed

Pemkab Trenggalek akan menambah tempat perawatan pasien Covid-19 di dua tempat, yakni di RS Mardi Mulya di pusat kota Trenggalek dan Puskesmas Slawe

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/aflahul abidin
Petugas menurunkan tabung oksigen di selasar Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD dr Soedomo Kabupaten Trenggalek dengan latar belakang tempat para pasien yang dirawat di ruang tunggu, Senin (19/7/2021). 

SURYAMALANG, TRENGGALEK – Kapasitas RS Rujukan Covid-19 di Kabupaten Trenggalek, yakni RSUD dr Soedomo telah penuh dalam beberapa hari terakhir.

Bahkan ruang tunggu Instalasi Gawat Darurat (IGD) harus dipakai sebagai tempat perawatan pasien sejak Senin (19/7/2021) lalu.

Selain itu kapasitas Rumah Sakit Darurat Covid (RSDC) di empat puskesmas juga di atas 75 persen. Bahkan ada juga RSDC yang kapasitasnya telah mencapai 100 persen.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Trenggalek akan menambah tempat perawatan pasien Covid-19 di dua tempat, yakni di RS Mardi Mulya di pusat kota Trenggalek dan Puskesmas Slawe di Kecamatan Watulimo.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Trenggalek, Saeroni mengatakan, RS Mardi Mulya akan berkapasitas 50 tempat tidur. Sementara Puskesmas Slawe berkapasitas 25 tempat tidur.

Harapannya, tambahan 75 tempat tidur ini bisa membuat kapastias yang berlebih di RSUD dr Soedomo bisa berkurang.

Sehingga, pasien tak perlu lagi dirawat di ruang tunggu IGD seperti beberapa hari terakhir.

“Sudah kami siapkan. Semoga dalam waktu dekat sudah bisa operasional. Ini sekarang dalam tahap renovasi oleh Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) untuk ditambahkan fasilitas kebutuhan untuk pasien Covid-19,” kata Saeroni, Rabu (21/7/2021).

Dengan tambahan kapasitas itu, pihaknya berharap RSUD dr Soedomo bisa kembali difokuskan untuk menangani pasien Covid-19 dengan kondisi yang berat dan kritis.

Tambahan kasus Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir, serta penuhnya tempat perawatan di RSDC, membuat RS Rujukan Covid-19 itu harus menerima pasien dengan berbagai kondisi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved