Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Mahasiswa UB Bikin Sosis Berbahan Dasar Ikan Barakuda dan Daun Kelor

Sebanyak lima mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UB membuat makanan olahan sosis Basuke.

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: isy
UB
Sebanyak lima mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UB membuat makanan olahan sosis Basuke (Barakuda singkong dan daun kelor). 

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Sylvianita Widyawati
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | MALANG - Sebanyak lima mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UB membuat makanan olahan sosis Basuke.

Sosis ini menggunakan bahan ikan barakuda, singkong, dan daun kelor, dengan bahan pengawet  dari cangkang atau karapas udang.

Tim mereka adalah Surya Rachman Susilowati, Erviana Shinta Dewi, Surya Dewa Ramadhan, Lalu Octavian Diandra P dan Yesica Wulanda Eka P.

"Ikan barakuda mengandung vitamin B2 yang berperan dalam menjaga sistem syaraf agar berjalan normal," jelas Surya, Kamis (29/7/2021).

Hal itu bisa membantu memperlancar metabolisme, menyembuhkan radang kulit, mencegah penyakit jantung dan baik bagi kesehatan mata.

Sedang daun kelor digunakan karena memiliki kandungan gizi yang baik untuk keesehatan berupa protein, karbohidrat, zat besi, magnesium, dan vitamin A. 

Sedang singkong kaya akan zat besi, energi, fosfor, kalium, karbohidrat  dan lemak serta difortifikasi kitosan yang berfungsi sebagai bahan pengawet alami.

Sementara kulit udang juga mengandung protein hingga 40 persen, kalsium karbonat 40-50 persen dan kitin 20-36,61 persen.

Surya menjelaskan jika ide pembuatan sosis Basuke karena maraknya peredaran makanan olahan di pasaran yang tidak aman.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved