Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Di Webometrics, Universitas Brawijaya Naik Peringkat 4 Dengan Dasar Tiga Indikator

Dalam pemeringkatan internasional Webometrics, posisi Universitas Brawijaya (UB) pada akhir  Juli 2021 naik berada di peringkat 4.

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: Zainuddin
sylvianita widyawati
Kawasan kampus Universitas Brawijaya (UB) Malang. 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Dalam pemeringkatan internasional Webometrics, posisi Universitas Brawijaya (UB) pada akhir  Juli 2021 naik berada di peringkat 4.

Sedang pada edisi Januari 2021 lalu yang berada di ranking 5 perguruan tinggi di Indonesia.

UB naik berdasarkan tiga indikator yaitu web content impact atau visibility, openness atau transparency, dan excellence atau scholar. 

Dijelaskan Ketua Pusat Pemeringkatan  UB, Adharul Mutaqin ST MT, Jumat (30/7/2021),  indikator web content impact diukur berdasarkan jumlah backlink dari situs lain ke suatu halaman web suatu perguruan tinggi, indikator ini memiliki bobot 50%.

"Untuk Opennes, indikator kedua dengan bobot 10%, diukur dari jumlah sitasi dari 210 penulis suatu perguruan tinggi yang memiliki sitasi tertingi di Google Scholar," jelas dosen Fakultas Teknik UB ini dalam rilis tertulisnya.

Sedangkan indikator yang terakhir, yaitu excellence, diukur berdasarkan jumlah karya ilmiah suatu perguruan tinggi yang berada pada 10% sitasi tertinggi untuk 27 topik atau disiplin ilmu pada Scimago.

"Pada openess rank jumlah sitasi pada top 10 author untuk edisi Juli ini ada peningkatan jumlah sitasi kepada 200 penulis terbaik UB paling banyak sitasinya."

"Selain itu untuk, impact rank ada di urutan ke 9 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang artinya sudah banyak instansi di luar UB yang melakukan link ke website utama UB," paparnya. 

Meskipun begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar posisi UB tidak terlempar jauh.

"Yaitu mempertahankan atau menaikkan peringkat. Maka yang harus kita lakukan adalah patuhi aturan Webometrics setidaknya seperti yang sekarang dilakukan."

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved