Soal Sumbangan Rp 2 Triliun Dari Akidi Tio, Mahfud MD: 'Petualang Seperti Itu Sudah Banyak'

Menko Polhukam Mahfud MD mengaku bahwa sejak semula sudah tak percaya keluarga mendiang Akidi Tio menyumbangkan dana Rp 2 triliun

Editor: eben haezer
Dok Humas Polhukam
Menko Polhukam Mahfud MD mengaku sejak semula tak percaya pada sumbangan Rp 2 triliun dari keluarga Akidi Tio 

SURYAMALANG, JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD mengaku bahwa sejak semula sudah tak percaya keluarga mendiang Akidi Tio menyumbangkan dana Rp 2 triliun untuk penanganan covid-19 di Sumatera Selatan.

Dia menyebutkan, sudah cukup sering terjadi janji-janji sumbangan yang berakhir nihil. Sudah banyak orang yang mengaku mau menyumbangkan kekayaannya dengan nilai fantastis, namun pada kenyataannya klaim itu bohong.

"Terkait Akidi Tio, saya sejak awal sudah tak yakin itu karena petualang seperti itu sudah banyak memberi pelajaran pada kita," ujar Mahfud MD seperti dikutip dari Kompas.com.

"Makanya ketika saya mencuit, mudah-mudahan itu nyata, saya justru sama sekali tak berharap itu ada, tapi saya nyindir kepada yang percaya dengan itu," sambungnya.

Mahfud MD Mengaku, saat mendengar informasi sumbangan Rp 2 triliun itu, dia langsung menghubungi Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, dan bertanya soal sumbangan.

Kata Mahfud, saat itu Herman menyebut tidak ada sesu penyerahan sumbangan.

"Ternyata gubernur juga hanya diundang seremoni sebagai Forkopimda secara dadakan, tapi tak ada penyerahan barang atau dokumen apapun," ujarnya.

Mahfud juga menyatakan apresiasinya terhadap orang-orang yang sejak awal tak percaya sumbangan keluarga Akidi Tio tersebut.

"Saya mendukung Hamid Awaluddin yang tak mau percaya begitu saja dengan sumbangan 2 triliu dari Akidi Tio itu. Makanya say aberbagi pengalaman di cuitan saya itu," pungkasnya.

Baca juga: Sumbangan Rp 2 Triliun Dari Akidi Tio Ternyata Prank, Polisi Tangkap Anak Bungsu Akidi Tio

Sebelumnya, Direktur Intelkam Polda Sumatera Selatan, Kombes Ratno Kuncuro menyebutkan bahwa Heriyanti telah ditetapkan tersangka terkait kasus hoaks sumbangan Rp 2 triliun.

Namun hal itu dibantah oleh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sumsel, Kombes Supriadi.

Menurut Supriadi, anak Akidi Tio hanya diundang untuk datang ke Polda Sumsel dan diminta menjelaskan perihal sumbangan Rp 2 triliun yang belum juga cair.

"Tidak ada prank. Pada hari ini, Ibu Heriyanti kita undang ke Polda. Perlu digarisbawahi, kita undang, bukan kita tangkap. Kita undang untuk datang ke Polda untuk memberikan klarifikasi terkait penyerahan dana Rp 2 triliun melalui bilyet giro," kata Supriadi saat memberikan keterangan pers kepada wartawan, Senin kemarin

Adapun sumbangan Rp 2 triliun diberikan secara simbolis oleh keluarga Akidi Tio di Mapolda Sumatera Selatan, Senin (26/7/2021). Acara penyerahan dihadiri Kapolda dan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mahfud Sejak Awal Tak Percaya Anak Akidi Tio Sumbang Rp 2 Triliun untuk Penanganan Covid-19",

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved