Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Mahasiswa FTP UB Bikin Teknologi Pembuatan Minyak Cacing Tanah untuk Bantu Peternak

Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) membantu peternak atau pembudidaya cacing tanah di Malang

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: isy
UB
Sebanyak lima mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) membantu peternak atau pembudidaya cacing tanah oleh CV Rumah Alam Jaya (RAJ) Organik di Sukun, Kota Malang. Inovasinya berupa teknologi ekstraksi bernama HI-CC. 

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Sylvianita Widyawati
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | MALANG - Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) membantu peternak atau pembudidaya cacing tanah oleh CV Rumah Alam Jaya (RAJ) Organik di Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Inovasinya berupa teknologi ekstraksi bernama HI-CC. 

Teknologi HI-CC (High Intensity Cold Corona) merupakan alat ekstraksi menggunakan prinsip kerja elektroporasi sel pada sistem radiasi tegangan tinggi.

Kata Cold Corona sendiri berarti bahwa adanya lecutan listrik yang berpindah dari satu elektroda ke elektroda lainnya tanpa menghasilkan panas sehingga tidak merusak produk.

Cacing tanah memiliki manfaat yang besar baik untuk kesehatan dan kosmetik sehingga memiliki daya jual yang tinggi.

Adam, pemilik dari CV RAJ Organik menjelaskan jika produksi cacing setiap harinya mencapai 1-2 ton cacing segar.

Hasilnya berupa minyak cacing.

"Permintaan minyak cacing khususnya di bidang kesehatan, industri sabun dan kosmetik selalu mengalami kenaikan yang signifikan terutama di era pandemi," jelasnya, Rabu (4/8/2021).

Namun, permasalahan pada produksi minyak cacing yang belum dapat teratasi, sehingga tidak bisa memenuhi pasar dan kualitas minyak cacing yang belum baik.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved