Breaking News:

Tenaga Kesehatan di Surabaya Mulai Mendapat Vaksinasi Dosis Ketiga Merk Moderna

Pemkot Surabaya mulai menyuntikkan vaksinasi dosis ketiga kepada tenaga kesehatan di Surabaya. Merk vaksin yang diberikan adalah vaksin moderna

Penulis: Bobby Constantine Koloway | Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/bobby constantine koloway
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi saat mendampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau vaksinasi di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA), Rabu (4/8/2021). Ini diperuntukkan bagi civita kampus dan masyarakat sekitarnya.  

SURYAMALANG, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya mulai menyuntikkan vaksinasi dosis ketiga kepada tenaga kesehatan di Surabaya. Merk vaksin yang diberikan adalah vaksin moderna. 

"Vaksinasi menggunakan Moderna sudah mulai kami lakukan pekan ini," kata Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi di Surabaya, Rabu (4/8/2021). 

Vaksinasi ini diberikan secara bertahap. Mengingat, Pemkot mengantisipasi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang dialami para nakes. 

Menurut Cak Eri, sebagian nakes ada yang mengalami gejala demam. Sehingga, harus istirahat sementara waktu dari tugasnya sebagai nakes.

"Tidak kami lakukan langsung, sebab kami juga melihat kipinya. Rata-rata yang sudah disuntik Moderna mengalami panas," kata Cak Eri. 

Tiap pelaksanaan vaksin, Pemkot hanya mengalokasikan puluhan dosis saja. Jauh di bawah vaksin lain yang telah disuntikkan sebelumnya. 

Untuk Sinovac dan AstraZeneca, Pemkot bisa menyuntikkan ratusan dosis dalam satu hari. "Kalau berbarengan, nakes bisa istirahat semua. Jadi bergantian," kata Cak Eri. 

Rencananya, ada 33 ribu tenaga kesehatan di Surabaya yang akan menerima vaksinasi dosis ketiga dengan menggunakan Moderna. "Stok yang tersedia, sekitar setengah nakes yang ada di Surabaya," katanya. 

Selain bagi nakes, Pemkot juga mengejar pelaksanaan vaksinasi dosis pertama dan kedua untuk kalangan umum. Pada Rabu (4/8/2021), Pemkot Surabaya juga mendukung penyuntikan di Perguruan Tinggi Negeri. 

Berlangsung di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA), acara ini diprakarsai oleh Pemrov Jatim. Pemkot Surabaya memberikan dukungan dengan menyiapkan tenaga kesehatan hingga petugas administrasi. 

"Ada 5 ribu dosis yang disuntikkan dalam vaksinasi kali ini, dibagi dua hari. Diperuntukkan bagi civita kampus dan masyarakat sekitarnya," kata Cak Eri di acara yang juga dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa ini. 

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara menambahkan, bahwa penyuntikan vaksinasi dosis ketiga bagi nakes dilakukan di dua RS. "Hingga saat ini, sudah ada 137 orang nakes yang mendapat vaksin Moderna," kata Febri dikonfirmasi terpisah.

Nakes akan mendapatkan vaksin secara bertahap. Vaksin diberikan sembari melihat gejala KIPI yang dialami para nakes. (bob) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved